EventNasional

ARTJOG Akan Digelar Selama Sebulan

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – Gelaran bertajuk ARTJOG kembali akan digelar selama satu bulan, 4 Mei – 4 Juni 2018 di Jogja National Museum, Jalan Ki Amri Yahya, Gampingan, Wirobrajan, Yogyakarta.

Media & Publication ARTJOG, Amelberga Astri P mengatakan, pemilihan lokasi penyelenggaraan di Jogja National Museum (JNM)  dengan pertimbangan nilai historis dari JNM itu sendiri.

Menurut  dia tempat itu adalah bekas gedung Akademi Seni Rupa Indonesia  (ASRI) dan pandangan bahwa  JNM dinilai mampu memberikan keleluasaan terhadap para seniman untuk mengeksplorasi setiap sudut ruang pameran. Selain itu, JNM juga mampu memberi kemungkinan pemanfaatan ruang di luar ruang pameran yang lebih luas terhadap bermacam kegiatan program-program lain di samping program utama.

“ARTJOG mengusung tema Pencerahan; Menuju Berbagai Masa Depan  atau Enlightenment: Toward Various Future,” katanya di Yogyakarta, Kamis.

Menurut dia, pencerahan dimaknai sebagai sebuah momentum yang mampu membebaskan manusia dari keterkungkungan kultus dan kemenangan rasionalitas.

Sebagai sebuah pameran dan perayaan seni kontemporer, ARTJOG kali ini akan diikuti sebanyak 54 seniman dari dalam dan luar negeri (diantaranya Filipina, Singapura, Australia dan Cina).

Dikatakan, seniman yang ditunjuk sebagai Commission Artist oleh ARTJOG tahun ini adalah seorang perupa, Mulyana.

“Para kurator ARTJOG memandang, sepanjang tiga tahun terakhir, Mulyana hadir sebagai sosok seniman muda yang terus-menerus menunjukkan potensi terbaiknya melalui seni kriya dan keterampilan tangannya,” ujarnya.

Selain itu, imbuhnya,  Mulyana juga tidak berhenti mengeksplorasi gagasan dan kemungkinan untuk apa yang akan ia kerjakan. (MU)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close