Hukum

Artidjo Alkostar Jengkel Lihat Koruptor Cengengesan saat Ditangkap KPK

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Mantan Hakim Agung Artidjo Alkostar mengungkapan, salah satu hal yang paling membuat dia jengkel adalah saat melihat reaksi para koruptor setelah ditangkap oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Karena koruptor Indonesia itu kalau ditangkap itu saya paling jengkel, itu masih cengengesan di TV. Itu kan menghina rakyat Indonesia,” ujar Artidjo di kantor ICW, Rabu (29/5/2018).

Artidjo menilai, para koruptor sudah tidak punya budaya malu. Oleh karena itu, ia yakin kalau masih diberikan jalan untuk maju dalam pemilu, maka para mantan terpidana kasus korupsi akan tertawa senang.

Bagi Artidjo, pencabutan hak politik pejabat negara yang melalukan korupsi sudah tepat. Hal itu merupakan konsekuensi yuridis karena telah menyalahgunakan kewenangannya sebagai pejabat publik.

Artidjo juga menilai, salah satu upaya untuk membuat koruptor jera yakni dengan dimiskinkan. Ia mendukung penuh KPK yang mulai menjerat perusahaan yang terkait dengan pelaku korupsi.

“Ini karena banyak orang korupsi di Indonesia itu, (saat) belum korupsi dia membuat satu perusahaan dulu untuk menampung hasil korupsinya itu,” kata dia.

“Ini sudah mulai bergerak KPK. Ini perlu di-support publik untuk satu cara memiskinkan para koruptor agar mereka tidak berlindung di bawah perusahaan,” ujar Artidjo.

Selama puluhan tahun menjadi hakim agung, Artidjo dikenal sebagai hakim yang ditakuti oleh para koruptor. Bagaimana tidak, setiap para koruptor membawa kasusnya sampai ke MA, Artidjo justru meningkatkan hukumannya.

KOMENTAR
Tags
Show More
Close