Ekonomi

Apindo Minta Cuti Bersama Lebaran Tak Diwajibkan

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Kalangan pengusaha yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) meminta pemerintah tak menjadikan cuti bersama Lebaran 2018 sebagai sebuah kewajiban bagi perusahaan atau industri. Dengan begitu, pengusaha bebas menentukan apakah tetap masuk atau libur saat cuti bersama berlaku.

Ketua Umum Apindo Hariyadi Sukamdani mengatakan, pengusaha berharap kebijakan soal cuti bersama ini fakultatif. Artinya, kebijakan tidak bersifat wajib dan tidak ada sanksi bagi yang tidak melaksanakannya.

“Kita cari jalan tengah, ini bagaimana. Kan ini fakultatif yang namanya cuti bersama. Kita berharap untuk industri dan perusahaan yang tetapi ingin beroperasi, ya tetap berjalan. Intinya itu,” katanya di Jakarta, Kamis (3/5).

Ia mengatakan, cuti bersama sebenarnya merupakan hak dari perusahaan dan pekerja. Dengan begitu, keputusan soal cuti bersama ini harusnya berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak.

“Bukan pengecualian. Intinya kalau perusahaan mau tetap jalan di tiga hari tambahan (cuti) itu, itu tidak apa-apa, jalan saja. Itu kan hak perusahaan dan pekerjanya. Itu kan cuti bersama, boleh iya dan tidak. Itu yang nanti akan kita sosialisasikan,” paparnya.

Namun, apa pun keputusan pemerintah terkait hal ini, Hariyadi meminta pemerintah untuk segera mengumumkannya. Dengan demikian, pengusaha bisa melakukan antisipasi sejak jauh-jauh hari.

“Cuma tadi kita minta Bu Menko segera umumkan (cuti bersama Lebaran 2018), karena keputusan ada di pemerintah,” ujarnya.

KOMENTAR
Tags
Show More

Check Also

Close
Close