Apakah Pencurian Dalam Keluarga Bisa Diproses Hukum?

06:00
329

Pertanyaan:
Sebulan yang lalu ayah saya kehilangan uang dan barang berharga di rumah kami. Atas kejadian tersebut kami melapor ke kepolisian setempat, akhir-akhir ini diketahui ternyata yang mencuri uang tersebut adalah adik kandung saya sendiri.

Kami bingung, di satu sisi kami mengalami kerugian karena kehilangan uang dan barang berharga di sisi lainnya, kami jadi takut jika adik kami sampai dihukum penjara.

Pertanyaannya, apakah laporan tersebut dapat dilanjutkan oleh pihak kepolisian karena saat ini ayah kami sudah memaafkan adik kami? Mohon penjelasannya, terimakasih.

Radi, Semarang.

Jawaban:
Dalam konteks pencurian yang dilakukan oleh adik kandung Anda dapat dikategorikan sebagai pencurian dalam keluarga sebagaimana diatur dalam Pasal 367 ayat2 KUHP yaitu:

Jika dia adalah suami (istri) yang terpisah meja dan ranjang atau terpisah harta kekayaan, atau jika dia adalah keluarga sedarah atau semenda, baik dalam garis lurus maupun garis menyimpang derajat kedua, maka terhadap orang itu hanya mungkin diadakan penuntutan jika ada pengaduan yang terkena kejahatan.

Artinya kejahatan sebagaimana diatur dalam Pasal 367 ayat 2 tersebut yang hanya dapat diproses apabila ada pengaduan, dalam hal ini adalah ayah anda selaku pemilik uang dan barang yang dicuri sebagai pihak yang berhak melakukan pengaduan.

Terkait anda dan atau keluarga anda telah melaporkan atas tindak pidana tersebut, tetap saja kepolisian tidak dapat melanjutkan/memproses perkara tersebut.

Karena menurut Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana (KUHAP), yang dimaksud dengan Laporan adalah Pemberitahuan yang disampaikan oleh seorang karena hak atau kewajiban berdasarkan undang-undang kepada pejabat yang berwenang tentang telah atau sedang atau diduga akan terjadinya peristiwa pidana.

Sedangkan yang dimaksud dengan Pengaduan adalah Pemberitahuan disertai permintaan oleh pihak yang berkepentingan kepada pejabat yang berwenang untuk menindak menurut hukum seorang yang telah melakukan tindak pidana aduan yang merugikannya. Sehingga jelas Laporan dan Aduan adalah dua tindakan hukum yang berbeda.

Dengan demikian walau pun atas pencurian yang dilakukan oleh adik kandung anda telah dilaporkan, tidak dapat dilanjutkan/diproses. Karena tidak ada aduan dari ayah anda selaku korban atau pihak yang berhak melakukan pengaduan.

Comments

comments