Apa Warna Mobil Terlaris 2020, Hitam atau Putih?

Apa Warna Mobil Terlaris 2020, Hitam atau Putih?
Ilustrasi Mobil Hitam dan Putih

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Mobil berwarna putih ternyata masih menjadi favorit banyak orang. Demikian fakta ini dilaporkan Axalta, perusahaan spesialis cat mobil yang bermarkas di Philadelphia, Amerika Serikat.

Berdasarkan laporan yang dipublikasikan 14 Desember 2020 lalu itu, pabrikan merangkum 10 warna mobil terfavorit di seluruh dunia. Warna putih beserta turunannya seperti Solid White atau Pearl White memuncaki klasemen dengan persentase 38 persen. Kemudian disusul warna hitam dengan persentase 19 persen.

Capaian ini masih serupa seperti laporan tahun lalu, mobil dengan warna putih dan hitam merupakan kelir yang paling sering diburu para konsumen.

Yang menarik adalah warna abu-abu. Peminatnya meningkat 2 persen pada 2020 ini, semula 13 sekarang persentasenya 15 persen. Baru di bawahnya mengekor warna silver sebesar 9 persen dan 7 persen warna biru.

Khusus di Asia, hampir keseluruhan mobil baru yang mengaspal ternyata berwarna putih. Axalta merilis, sebanyak 48 persen pembelian mobil tahun ini berwarna putih. Tren yang sama juga terjadi di Afrika, dengan perolehan 46 persen.

"Tren pembelian konsumen yang tercermin dalam laporan mendorong pengembangan warna inovatif kami untuk masa depan," jelas Global Product Manager Axalta, Nancy Lockhart dalam keterangan resminya.

Paling menarik adalah perubahan selera warna mobil di Jepang, Korea, dan Amerika Selatan. Penyuka biru meningkat 1 hingga 2 persen tahun ini, lantaran proyeksi tahun depan yang mengedepankan kendaraan ramah lingkungan.

Adapun di India, Amerika Utara, dan Eropa, pemilik mobil berwarna abu-abu justru meningkat di sana. Makanya jangan heran bila ada peluncuran mobil baru, beberapa pabrikan menggunakan kelir abu-abu, seperti Cupra Ateca yang mencerminkan kesan futuristik.

Berdasarkan laporan yang dirilis Axalta tiap tahunnya, tercatat mobil warna putih sudah menjadi favorit di seluruh dunia selama 10 tahun belakang sejak 2011. Setiap tahunnya ada juga warna-warna mobil yang berfluktuasi. Selain biru dan abu-abu yang telah dijelaskan di awal, pembeli mobil warna merah dan coklat mulai berkurang di China. Fakta lain, warna silver belakangan juga meningkat karena sering dipasangkan pada mobil konsep atau kendaraan listrik.