Apa Rencana Valentino Rossi Setelah Pensiun dari MotoGP?

Apa Rencana Valentino Rossi Setelah Pensiun dari MotoGP?

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, memilih menjadi manajer tim jika nanti sudah pensiun dari MotoGP. Tanda-tanda Rossi akan menjadi manajer tim setelah pensiun sebenarnya sudah kentara ketika VR46 Riders Academy berdiri pada 2014.

VR46 Riders Academy adalah akademi balap motor yang didirikan Rossi untuk melahirkan pebalap Italia berkualitas. Francesco Bagnaia (Pramac Racing) dan Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) yang kini menjadi pebalap MotoGP adalah dua contoh hasil didikan VR46 Riders Academy.

Adik Valentino Rossi, Luca Marini, kemungkinan akan menyusul Bagnaia dan Morbidelli ke MotoGP musim depan. Luca Marini juga merupakan produk VR46 Riders Academy yang kini berkompetisi di Moto2 bersama Sky Racing VR46.

Sky Racing VR46 adalah tim milik Rossi yang saat ini turun di Moto2 dan Moto3. Meski sudah memiliki tim dan akademi yang sukses, Rossi mengaku tidak mau terburu-buru memutuskan pensiun sebagai pebalap untuk menjadi manajer.

“Saat ini saya masih ingin menjadi pebalap. Hal itulah yang membuat saya memutuskan melanjutkan karier musim depan,” kata Valentino Rossi dikutip dari situs Tuttomotoriweb.

“Ketika nanti sudah pensiun, saya mungkin akan memiliki waktu banyak untuk bekerja sebagai manajer tim,” tutur Rossi.

Rossi yang kini sudah berusia 41 tahun kemungkinan masih akan menjadi pebalap MotoGP sampai 2022. Pebalap asal Italia itu sudah dipastikan tidak akan memperkuat Monster Energy Yamaha musim depan.

Posisi Rossi di tim pabrikan itu akan digantikan oleh Fabio Quartararo yang kini membela Petronas Yamaha SRT. Quartararo dan Rossi kemungkinan besar akan saling bertukar posisi musim depan.

Meski demikian, Rossi hingga saat ini masih belum menandatangani kontrak kerja sama dengan Petronas Yamaha SRT. Rossi dikabarkan baru akan menandatangani kontrak di Petronas Yamaha SRT pada pertengahan September 2020 menjelang MotoGP San Marino.

Di Petronas Yamaha SRT, Rossi disebut akan menerima kontrak untuk musim 2021 dengan opsi perpanjangan satu tahun. Jika kerja sama itu terealisasi, Rossi akan berada satu tim dan bersaing langsung dengan anak didiknya, Franco Morbidelli.

Rossi, Morbidelli, dan pebalap MotoGP lainnya saat ini sedang mempersiapkan diri menyambut GP Austria. MotoGP Austria merupakan seri keempat Kejuaraan Dunia musim ini yang akan digelar di Sirkuit Brno pada 14 sampai 16 Agustus 2020.