Nasional

AP I Perlakukan Khusus Penumpang WNI dari 3 Negara

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Direktur Operasional PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I Wendo Asrul Rose mengungkapkan pihaknya akan memberikan perlakuan khusus kepada WNI yang pernah berkunjung atau singgah di tiga negara yang menjadi episentrum baru Corona yakni Italia, Iran dan Korea Selatan.

“Bagaimana dengan WNI yang melakukan perjalanan ke lokasi-lokasi tiga negara yang menjadi episentrum baru Corona tersebut sebelumnya. Itu nanti di Indonesia akan ada perlakuan khusus, pemeriksaan khusus oleh pemerintah dalam hal ini dari Kantor Kesehatan Pelabuhan atau KKP,” ujar Wendo Asrul Rose di Jakarta, Jumat (6/3/2020).

AP I, lanjutnya, membuatkan jalur khusus sebagai langkah pencegahan dan antisipatif dalam melakukan perlakuan khusus seperti parking stand khusus.

Bilamana nanti ditemukan ada penumpang yang terpapar Corona, sehingga AP I akan melakukan proses disinfektan pesawat baik itu bagian kabin maupun lambungnya dilakukan proses persiapannya sudah ada.

“Kemudian dilakukan pemeriksaan oleh thermal scanner dan hal lainnya itu dilakukan secara khusus, tidak digabung dengan penumpang yang datang dari negara lainnya. Khusus untuk satu pesawat,” kata Dirops AP I tersebut.

Menurut dia, jalurnya dibikin juga secara khusus lalu disediakan troli khusus, konter imigrasinya disiapkan secara khusus hingga klaim bagasinya juga khusus termasuk dengan prosedur bea cukainnya. Kemudian dilakukan pembersihan dengan disinfektan.

“Ini merupakan suatu langkah pencegahan dari AP I, selain juga ada penyemprotan disinfektan, penyiapan hand sanitizer dan personel kami yang dilengkapi dengan kaca mata, sarung tangan dan masker,” kata Wendo.

AP I juga melakukan sosialisasi tentang bahaya Corona, dari tim humas sudah membuat satu materi yang ditayangkan pada media-media komunikasi di bandara-bandara yang dikelola AP I. (Jo)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close