Lintas DaerahTak Berkategori

Antrean Melonjak, Pemkot Surabaya Tambah Alat Rekam e-KTP

SURABAYA, SENAYANPOST.com – Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini akan menambah alat perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik menyusul meningkatnya jumlah volume antrean warga yang melakukan perekaman KTP elektronik.

“Memang yang pertama alat kita terbatas, ini kita ngambil beberapa dari kecamatan, sambil nanti kita lakukan pengadaan sendiri untuk sidik jari dan iris mata. Kita juga akan adakan untuk printer,” kata Risma usai sidak di Kantor Dispendukcapil Surabaya, Kamis (5/7/2018).

Menurut Risma, pihaknya terus melakukan berbagai upaya demi memperlancar proses perekaman hingga pencetakan KTP elektronik. Bahkan, lanjut dia, dalam waktu dekat pihaknya berencana menambah jumlah alat perekaman dan cetak KTP elektronik.

Risma melakukan sidak di Kantor Dispendukcapil Surabaya guna mengetahui langsung adanya kendala yang dihadapi agar bisa segera dilakukan evaluasi untuk mempercepat proses kepengurusan KTP elektronik.

Beberapa kendala pun segera dilakukan evaluasi guna memberikan pelayanan yang terbaik kepada warganya. Bahkan, dalam kunjungannya Risma secara langsung memerintahkan jajarannya untuk melakukan penambahan komputer dan printer guna mendukung proses percepatan pengurusan E-KTP.

Selain keterbatasan alat yang menyebabkan meningkatnya volume antrean di Kantor Dispendukcapil Surabaya, Risma mengatakan proses validasi data pun juga harus dilakukan untuk mencocokan data dengan pemerintah pusat agar diketahui data warga tersebut tidak dalam kondisi ganda.

“Sehingga kalau ganda itu pasti susah untuk mengeluarinnya. Buktinya kalau yang tidak ada masalah, lancar,” katanya.

Kendati demikian, wali kota perempuan pertama di Surabaya ini menuturkan pihaknya akan terus berupaya agar poses perekaman hingga pencetakan KTP elektronik warga Kota Surabaya ini bisa lebih dipercepat.

“Hari ini kita juga sudah kirim surat ke Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil) untuk short cardnya, Insya Allah, nanti kita akan lebih cepat, kita akan nambah lima unit alat KTP elektronik,” ujarnya. (AF)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close