Internasional

Antisipasi Virus Corona, Presiden Mongolia Dikarantina Usai Kembali dari China

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Presiden Mongolia dan seluruh delegasinya dilaporkan dikarantina sebagai bentuk kewaspadaan atas virus corona selepas berkunjung ke China.

Presiden Khaltmaagiin Battulga menemui Presiden Xi Jinping di tengah merebaknya virus yang diyakini berasal dari Pasar Seafood Huanan di Wuhan itu. Keadaan darurat yang menimpa China karena merebaknya virus corona nampaknya tidak sampai menghalangi pertemuan antara Khaltmaagiin dengan Xi Jinping.

Meski begitu dilansir Russian Today Jumat (28/2/2020), otoritas Mongolia nampaknya bertindak tegas dengan tetap memeriksa sang presiden sesuai prosedur kesehatan.

Setelah kembali ke Ulaanbaatar Kamis (27/2/2020), Khaltmaagiin dan seluruh pejabat yang menemaninya di China langsung dikarantina selama dua pekan.

Mereka juga menjalani pemeriksaan SARS-Cov-2, nama resmi virus, meski tidak diketahui apakah hasil yang keluar negatif atau positif. Mereka yang juga ikut diisolasi hersama Khaltmaagiin adalah menteri luar negeri, kepala staf kepresidenan, duta besar untuk China, dan penasihat kebijakan luar negeri.

Selama dua pekan ke depan, mereka akan menghabiskan waktu di sebuah resor yang terletak di kawasan terpencil. Adapun Khaltmaagiin ditempatkan di klinik ibu kota.

Virus yang pertama kali muncul pada Desember 2019 itu dilaporkan sudah membunuh lebih dari 2.800 orang, dengan 83.000 lainnya terinfeksi.

Di Iran, sejumlah pejabat negara juga tertular. Seperti Wakil Menteri Kesehatan Iraj Harirchi, dan Wakil Presiden Bidang Keluarga dan Perempuan Masoumeh Ebtekar.

Sementara mantan Duta Besar untuk Vatikan, Hadi Khosrowshahi, meninggal pada Kamis karena virus corona yang menyebabkan penyakit Covid-19 itu.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close