Nasional

Antisipasi Kemacetan, Pemerintah Kaji Cuti Bersama Ditambah

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Pemerintah tengah mengkaji cuti bersama tambahan pada 11 dan 12 Juni yang merupakan salah satu bagian dari manajemen lalu lintas mudik Lebaran.

Seperti diketahui, hari raya Idul Fitri diperkirakan akan dirayakan pada Jumat dan Sabtu (15-16 Juni 2018).

Surat Keputusan Bersama (SKB) tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama tahun 2018, cuti bersama pada masa Lebaran antara ditetapkan pada 13-14 Juni (Rabu dan Kamis) serta 18-19 Juni (Senin dan Selasa).

Dengan demikian, apabila tanggal 11 dan 12 Juni 2018 ditetapkan oleh pemerintah sebagai hari cuti bersama maka jumlah hari cuti bersama menjadi 6 hari.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan usul cuti bersama 11 dan 12 Juni 2018 merupakan usulan Kapolri.

“Diusulkan oleh Kapolri libur ditambah 11-12. Tetapi sedang akan dibahas di tingkat Menko Maritim, karena dengan ada 2 hari ini kecepit ini malah bolos dan juga manajemen lalu lintas hanya 2 libur itu agak sulit,” katanya di Jakarta, Kamis (5/4/2018).

Ia mengatakan, arus mudik dari Jakarta menuju Jawa Tengah itu menjadi sangat penting harus diperhatikan.

Menurutnya, penggunaan angkutan darat seperti sepeda motor dan mobil untuk mudik meningkat pesat.

“Kami merekomendasi beberapa hal karena angkutan motor itu sedemikian banyak, angkutan mobil banyak, oleh karenanya kami mengusulkan mudik gratis, baik dilakukan dengan motor, bus, KA maupun dengan menggunakan kapal,” katanya.

Ia menambahkan pihaknya membuat kebijakan dimana pada 13-14 Juni 2018 serta 28-30 Juni 2018 angkutan tiga sumbu atau angkutan berat tidak bisa beroperasi.

KOMENTAR
Tags
Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close