Lintas Daerah

Antisipasi Bencana, Babel Siapkan 200 Ton Beras

BABEL, SENAYANPOST.com – Untuk membantu korban bencana alam, Dinas Sosial Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) telah menyiapkan 200 ton beras, makanan siap saji dan lainnya.

“Penanganan korban bencana alam, untuk stok beras, makanan siap saji dan lainnya saat ini mencukupi,” kata Kepala Dinsos Provinsi Kepulauan Babel, M Aziz Hararap, di Pangkalpinang, Jumat (12/10/2018).

Ia menjelaskan, guna menjaga kualitas beras bantuan itu saat ini stok beras korban bencana alam tersebut dititipkan di gudang Bulog Bangka.

“Beras siap disalurkan kapan saja kepada korban bencana alam,” ujarnya.

Dia menyebut, bencana yang perlu diwaspadai selama musim pancaroba dari musim kemarau ke hujan di daerah ini, yaitu banjir, angin puting beliung, petir dan kecelakaan kapal di laut karena gelombang tinggi.

“Saat ini potensi banjir cukup tinggi karena pendangkalan alur sungai yang tidak mampu lagi menampung curah hujan tinggi,” kata dia.

Selain itu, pasang air laut yang tinggi, penebangan hutan liar, penambangan ilegal di alur sungai dan kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai dan saluran air yang masih rendah.

“Sekarang ini apabila turun hujan cukup lebat, maka terjadi genangan air di mana-mana dan ini karena saluran air dan sungai tidak menampung curah hujan tersebut,” ucapnya.

Menjelang dan selama musim hujan ini, pihaknya telah menyiagakan tim Tagana untuk membantu petugas BPBD dalam menanggulangi korban bencana alam.

“Kita selalu siaga dan siap menyalurkan bantuan kepada korban bencana,” jelasnya. (AF)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close