Lintas Daerah

Antisipasi Banjir, Pemkab Bekasi Normalisasi 25 Sungai

CIKARANG, SENAYANPOST.com – Pemkab Bekasi melakukan normalisasi 25 sungai dan menyiapkan 11 pompa air sebagai langkah antisipasi banjir saat musim hujan tahun ini.

Menurut Kabid Pengelolaan Sumber Daya Air pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Bekasi Nur Chaidir, di Cikarang, Selasa (3/12/2019), kegiatan ini sebagai antisipasi potensi meluapnya air sungai sehingga menyebabkan banjir.

Normalisasi terhadap 25 sungai ini, lanjutnya, sudah dilakukan sejak tiga bulan yang lalu dan masih berlangsung hingga kini. Normalisasi dilakukan mulai dari perbatasan kabupaten dengan Kota Bekasi sampai batas Kabupaten Karawang.

Chaidir menyebut sampai saat ini progres normalisasi sungai sudah mencapai 80 persen dan diharapkan selesai pada akhir tahun ini.

Selain normalisasi sungai Dinas PUPR Kabupaten Bekasi juga menyiapkan pompa air sekaligus memperbaiki pompa yang telah rusak dengan melakukan pengecekan fungsi pompa air.

“Pompa air ini penting karena bila terjadi banjir dapat segera ditangani. Kita cek yang rusak juga, kita perbaiki, ada tiga pompa yang telah kita perbaiki,” katanya.

Si wilayah Kecamatan Cabangbungin, misalnya ada 11 pompa air yang telah disiapkan untuk mengantisipasi potensi luapan Sungai Citarum.

“Apabila ada luapan Sungai Citarum pompa itu akan menyedot air dan mengalihkannya ke kali kecil di wilayah Cabangbungin,” kata dia.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bekasi Adeng Hudaya menyebut delapan dari total 23 kecamatan se-Kabupaten Bekasi merupakan wilayah rawan banjir.

“Di antaranya Kecamatan Cabangbungin, Cikarang Timur, Pebayuran, Sukatani, dan Muara Gembong, yang merupakan wilayah aliran Sungai Citarum serta Kecamatan Babelan, Tambun Utara, dan Tarumajaya yang dilewati aliran Sungai Bekasi,” kata Adeng. (Jo)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close