Metropolitan

Anies Kembali Batasi Transj-MRT, Jadwal Baru Berlaku Senin Depan

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menetapkan status tanggap darurat virus corona (Covid-19) di wilayah Jakarta hingga 14 hari mendatang.

Sebagai tindak lanjut dari kebijakan ini, Anies kembali membatasi penumpang moda transportasi publik seperti bus Transjakarta dan MRT.

“Pembatasan penggunaan kendaraan umum, membatasi jumlah penumpang di dalam bus dan kereta api yang kedua adalah membatasi jam operasi sehingga hanya digunakan kepentingan pergi keluar,” kata Anies saat konferensi pers di Balai Kota Jakarta, yang disiarkan online, Jumat (20/3/2020).

Kebijakan lain yang akan diterapkan yakni antrean calon penumpang tranpsortasi publik harus di ruang terbuka. Setiap calon penumpang juga harus memerhatikan jarak satu sama lain guna menghindari penularan Covid-19.

“Tidak dilakukan di ruang tertutup seperti halte dan stasiun dan diterapkan jarak aman semua antrean,” katanya.

Plt Dirut Transjakarta Yoga mengatakan bakal mengubah jam operasional dan meniadakan angkutan malam hari mulai Senin mendatang (23/3).

“Jam operasional jam buka halte 06.00 dan 20.00 WIB layanan kami ketika sudah masuk terakhir di jam 20.00 WIB, namun pelanggan yang sudah dalam halte kami pastikan terangkut,” kata Yoga.

“Angkutan malam hari kami tiadakan per hari Senin. Kapasitas tiap bus akan kami batasi,” lanjutnya

Di tempat yang sama, Direktur MRT Jakarta William Sabandar mengatakan operasional MRT akan dibatasi berkenaan dengan penetapan status tanggap darurat di ibu kota. Jadwal operasional baru akan diberlakukan Senin mendatang (23/3).

“Senin 23 maret 2020, jam operasi MRT Jakarta akan disesuaikan mulai jam 06.00 WIB sampai dengan jam 8 malam,” katanya.

William mengatakan jarak antar kereta yang tiba berlaku setiap 5 menit di jam-jam sibuk. Misalnya pagi dan sore hari.

“Headway jarak antar kereta akan kita pertahankan jam sibuk dari jam 07.00-0900 WIB itu 5 menit sedangkan 17.00-19.00 WIB 5 menit. Di luar itu 10 menit sambil melihat perkembangan,” imbuhnya. (Jo)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close