Breaking News

Angkut 111 Penumpang, KM Santika Nusantara Terbakar di Perairan Madura

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Sektor transportasi laut domestik kembali dirudung musibah. Kapal Motor (KM) Santika Nusantara yang mengangkut 111 penumpang terbakar di perairan Masalembu, Sumenep, Madura, Jawa Timur. Hingga berita ini ditulis, belum jelas apa yang menjadi penyebab kejadian fatal di laut tersebut.

SAR Mission Coordinator (SMC) Prasetya Budiarto mengatakan bagwa kapal naas itu terbakar pada Kamis malam, (22/82019).

Dari 111 orang yang ada di manifest, sebanyak 81 orang di antaranya sudah melompat menggunakan pelampung. Selain itu juga ada bantuan dari kapal-kapal terdekat yang sedang melintas.

KM Santika Nusantara yang mengalami kebakaran tersebut, sedang melayani perlayaran untuk rute Surabaya-Balikpapan.

Selain 111 orang penumpang dan anak buah kapal (ABK), di dalam kapal juga terdapat 84 kendaraan berbagai jenis.

“Pada Jumat (23/8/2019) sekitar pukul 05.09 WIB, dilaporkan sebanyak 53 orang telah berhasil dievakuasi dengan KM Bintang Samudera 1, dan KM Dharma Fery 7 menuju ke Surabaya,” ujarnya.

Basarnas mengerahkan KN SAR Laksmana milik Kantor SAR Banjarmasin, dan KN Cundamani milik KSOP Surabaya, untuk menuju lokasi kejadian, dan melakukan evakuasi terhadap 58 orang penumpang.

“Kantor SAR Surabaya bekerjasama dengan VTS Surabaya guna berkomunikasi dengan kapal-kapal terdekat di sekitar lokasi untuk bantuan evakuasi. Informasi yang kami dapatkan dari nahkoda KM Santika Nusantara, semua dalam kondisi selamat,” jelasnya.

KOMENTAR
Tags
Show More
Close