Transportasi

Angkasa Pura II Benahi dan Kembangkan Bandara Depati Amir

BABEL, SENAYANPOST.com – Sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo yang meresmikan Bandara Depati Amir pada 14 Maret 2019 lalu, PT Angkasa Pura II (Persero) melakukan pembenahan dan pengembangan Bandara Depati Amir, Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Pembenahan dan pengembangan Bandara Depati Amir ini agar dapat menjadi infrastruktur transportasi udara yang mampu menampung penumpang hingga 3,2 juta jiwa per tahun,” ujar Executive General manager PT Angkasa Pura II Bandara Depati Amir, Chuanda, di Pangkalpinang, Jumat (13/12/2019).

Ia mengatakan, salah satu langkah pengembangan itu adalah pembangunan dan perluasan Terminal Penumpang Bandara serta meningkatkan pelayanan. Saat ini, kapasitas terminal Bandara Depati Amir hanya dapat menampung penumpang untuk kapasitas 1,5 juta penumpang per tahun.

Pada akhir tahun 2018, kata dia, jumlah penumpang di bandara yang berlokasi di Pulau Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tersebut sudah mencapai 2,1 juta penumpang. “Karena itu, sudah selayaknya dilakukan pengembangan atau perluasan terminal di Bandara Depati Amir,” katanya.

Dari program yang sudah dijalankan, saat ini pembangunan terminal atau perluasan terminal baru sudah mencapai 19 persen, serta diharapkan akan selesai dan beroperasi pada akhir tahun 2020. Setelah pembangunan terminal itu selesai dan nantinya Bandara Depati Amir akan mampu menampung penumpang hingga 3,2 juta penumpang per tahun.

Chuanda mengharapkan keberadaan Bandara Depati Amir dapat meningkatkan pelayanan kebandaraan dan mendukung perekonomian di Pulau Bangka dan Belitung. “Ini adalah sebagai wujud Komitmen PT Angkasa Pura II sebagai salah satu BUMN pengelola jasa kebandarudaraan untuk terus membangun negeri,” jelasnya. (WS)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close