Lintas Daerah

Angkasa Pura Akan Pindahkan 65 Penerbangan di YIA

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – PT Angkasa Pura I berencana memindahkan 65 rute penerbangan yang semula berbasis di Bandara Internasional Adisutjipto ke Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kulonprogo, pada Oktober mendatang. Sedangkan pada Agustus dipastikan enam rute penerbangan  beroperasi di Yogyakarta International Airport (YIA).

Plt. Sementara GM Bandara Internasional Yogyakarta, Agus Pandu Purnama, Kamis mengatakan rencana pengalihan rute ini akan dibicarakan dulu dengan Indonesia Slot Coordinator (IDSC).

“Pengalihan rute Oktober nanti sesuai dengan pengajuan izin tahunan maskapai melayani rute enam bulan kedepan atau biasanya didasarkan pada musim dingin dan musim panas” katanya.

Mengenai maskapai mana saja yang nanti akan dialihkan, Pandu mengatakan belum bisa memastikan. Tapi yang pasti keseluruhan rute yang dipindahkan adalah penerbangan domestik.

Sejak beroperasi April lalu, hingga akhir Juni ini sebanyak lima rute penerbangan yang beroperasi di YIA. Tiga penerbangan rute Jakarta-DIY dilayani maskapai Citylink. Kemudian ada Batik Air yang melayani rute DIY-Samarinda dan DIY-Palangkaraya.

Ia mengatakan, pada awal Agustus nanti akan ada penambahan rute baru dari Batik Air yaitu DIY-Lombok. Jadi bulan depan ada 6 rute penerbangan dengan 12 pergerakan.

“Batik Air juga mengajukan rute baru yaitu DIY-Denpasar namun izinnya belum turun. Hingga akhir Juni kemarin, Pandu mengatakan jumlah penumpang per hari di YIA mencapai 1.000 orang dengan tingkat okupasi di atas 55 persen,” ujarnya. (JS) 

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close