Kesehatan

Angka Kesembuhan Covid-19 di DIY di Atas 80%

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – Angka kesembutan covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta cukup tinggi di atas 80% tepatnya di 84%. Sedangkan penambahan jumlah kasus positif, dalam dua pekan ini didominasi oleh mereka yang memiliki riwayat perjalanan ke luar daerah.

Hal itu diungkapkan Juru Bicara Pemda DIY untuk Penanganan Covid-19, Berty Murtiningsih di Yogyakarta, Senin (6/7/2020).

“Lebih dari 80 persen kasus COVID-19 yang ditemukan di DIY selama 14 hari terakhir merupakan kasus impor atau orang yang memiliki riwayat perjalanan dari daerah lain,” katanya.

Sementara anggota Tim Perencanaan Data dan Analisis Gugus Tugas COVID-19 DIY Riris Andono Ahmad mengatakan munculnya kasus impor tidak dapat dicegah selama orang masih diperbolehkan bepergian antarprovinsi.

“Kita kan memang tidak bisa menutup perbatasan, kecuali antarnegara,” jelas Riris.

Dikatakan, penemuan kasus-kasus impor itu, menurut dia, justru sebagai indikator bahwa sistem penanganan COVID-19 di DIY sudah berjalan dengan baik.

Riris Andono mengatakan Pemda DIY saat ini tengah menggencarkan uji usap (swab) untuk mempercepat penemuan kasus-kasus positif COVID-19.

Bukan hanya difokuskan untuk pasien ODP atau PDP, namun terhadap warga yang datang dari daerah berisiko tinggi.

“Persis mencari jarum di tumpukan jerami, kita lakukan pencarian secara intensif,” kata dia. (MU)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close