Features

Anggrek Phalaenopsis.sp Terancam Punah

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – Anggrek Indonesia, Phalaenopsis.sp, kini terancam kepunahan. Padahal, anggrek jenis ini memiliki peranan yang penting sebagai induk persilangan dalam budidaya anggrek.

“Keberadaan anggrek Phalaenopsis alam di Indonesia sudah sangat berkurang sehingga perlu dilakukan konservasi,” kata pakar anggrek dari Fakultas Biologi UGM, Dr. Mahfut, Rabu (21/3/2018).

Mahfut menambahkan, anggrek Phalaenopsis.sp sebenarnya terdiri dari 63 jenis. Dari jumlah itu 22 diantaranya terdapat di Indonesia.

“Sayangnya, anggrek ini di habitat aslinya terancam mengalami kepunahan dan rentan terinfeksi virus. Anggrek ini dilaporkan telah terinfeksi 50 jenis virus dan Ondotoglossum ringspot virus atau ORSV merupakan virus yang terbanyak menginfeksi tanaman anggrek Phalaenopsis di Indonesia,” ujarnya.

Mahfut menilai upaya konservasi perlu dilakukan melalui pelestarian dan perlindungan tanaman. “Upaya pelestarian dapat dilakukan dengan analisis variasi genetik melalui deteksi dan karekterisasi gen Coat Protein (CP) danrbcL,” katanya.

Sementara itu, usaha perlindungan bisa dilakukan dengan induksi ketahanan Orchid Mycorrhiza terhadap ORSV. (AF)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close