Anggota Paskibraka 2021 Bakal Diangkat Jadi Duta Pancasila

Anggota Paskibraka 2021 Bakal Diangkat Jadi Duta Pancasila
Paskibraka

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2021 bakal tampil berbeda dari tahun sebelumnya.

Selain bertugas mengibarkan bendera pusaka, mereka juga akan dikukuhkan sebagai Duta Pancasila usai mengikuti Pembinaan Ideologi Pancasila (PIP).

Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Rima Agristina mengatakan, PIP untuk Paskibraka merupakan implementasi Peraturan Presiden Nomor 13 Tahun 2021 dan Peraturan BPIP Nomor 1 Tahun 2021 tentang Pembinaan Ideologi Pancasila pada Generasi Muda Melalui Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka.

Dalam Perpres itu disebutkan PIP Paskibraka dilaksanakan mulai dari tingkat kabupaten/kota sampai tingkat nasional. Selanjutnya, Paskibraka yang telah mengikuti PIP akan ditetapkan sebagai Paskibraka Duta Pancasila.

"BPIP berdasarkan Perpres diberikan tugas untuk melaksanakan PIP kepada Paskibraka dan Purnapaskibraka. PIP kepada Paskibraka dimulai dari tahapan rekrutmen dan seleksi, pemusatan pendidikan dan pelatihan serta pengukuhan, berkoordinasi dengan Kementerian, dan dilanjutkan pembekalan setelah Paskibraka selesai bertugas untuk menjadi Duta Pancasila," ujar Rima dalam keterangan tertulis, Jumat (18/6/2021).

Dalam Rapat Sosialisasi PIP melalui Program Paskibraka Tahun 2021 secara daring yang dihadiri pejabat Dinas Kepemudaan dan Olahraga dan Dinas Kesbangpol tingkat kabupaten, kota, dan provinsi, serta Purna Paskibraka Indonesia (PPI), Kamis (17/6), Rima menegaskan pemahaman nilai-nilai Pancasila penting untuk dimiliki generasi muda.

Dengan mengikuti PIP, menurutnya selain dapat memahami juga mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila sebagai laku hidup sehari-hari, para Duta Pancasila juga dapat menjadi teladan di kalangan generasi muda. Ia juga berharap program tersebut dapat menyiapkan putra-putri terbaik bangsa untuk menjadi calon pemimpin Indonesia masa depan yang memahami dan memegang konsensus terhadap Pancasila.

Adapun untuk menjadi Paskibraka Duta Pancasila perlu melalui 8 satuan pembelajaran, yang terdiri dari 2 JP tes materi PIP, 3 JP pembekalan pemusatan pelatihan, 1 JP pengukuhan, dan 2 JP pembekalan sebelum pelantikan Duta Pancasila.

Diungkapkan rima tes PIP akan dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Perisai Pancasila. Hal ini guna mencegah penyebaran COVID-19. Menurutnya PIP akan terus berlangsung di Kabupaten/Kota dan Provinsi lainnya hingga pada tahap pembentukan Paskibraka di tingkat nasional.

"Materi tes dapat dipelajari dari bahan ajar Pancasila yang selama ini telah diberikan di sekolah. Materi tes lebih menekankan pemahaman pengamalan nilai-nilai Pancasila," katanya.

Duta Pancasila, lanjut dia, nantinya akan berada di bawah organisasi Duta Pancasila Paskibraka Indonesia yang bertugas dan fokus pada pengarusutamaan Pancasila. Selain itu, mereka juga akan mendapat prioritas serta akses terhadap pelatihan dan pembekalan pengarusutamaan Pancasila.

"Apa saja programnya sedang kami koordinasikan melibatkan juga lintas kementerian," tuturnya.

Terkait waktu, Rima menyebut pengukuhan Duta Pancasila akan digelar usai penugasan dilaksanakan. Dia berharap Presiden Joko Widodo dapat memberikan pembekalan pada penetapan Paskibraka sebagai Duta Pancasila. Sementara pengukuhan pembacaan ikrar Paskibraka akan dipimpin oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga, dan penetapan sebagai Paskibraka Duta Pancasila akan dipimpin oleh Kepala BPIP, Yudian Wahyudi.

"Kabupaten/Kota dan Provinsi yang belum melaksanakan PIP, diminta segera melaksanakan seluruh tahapan secara lengkap, dengan tetap mengikuti protokol COVID-19, agar para Paskibraka dari daerahnya dapat ditetapkan sebagai Paskibraka Duta Pancasila," pungkasnya.