Anggota KPPS Dijemput Gugus Tugas Covid-19 di TPS, 91 Pemilih Tak jadi Mencoblos

Anggota KPPS Dijemput Gugus Tugas Covid-19 di TPS, 91 Pemilih Tak jadi Mencoblos

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Anggota Bawaslu Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Divisi Hukum Data dan Informasi, Agus Muhammad Yasin, mengungkapkan, seorang anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Kabupaten Bantul, DIY, dijemput tim Gugus Tugas Covid-19 di tengah jalannya pilkada. 

Penjemputan di TPS 24 Desa Patalan, Kecamatan Jetis, Bantul, dilakukan karena anggota tersebut seharusnya melakukan isolasi dan juga tak terbuka pada rekannya yang lain jika telah melakukan tes swab. 

Padahal anggota itu sudah melayani para pemilih sejak dibukanya TPS hingga sekitar pukul 10.00 WIB. 

"Dia sedang menunggu hasil test swab, tetapi tidak terbuka menyampaikan ke rekannya sehingga tidak ada yang tahu,” Agus saat jumpa pers di Kantor Bawaslu DIY, Rabu (9/12/2020). 

Kemudian petugas Satgas Covid-19 Kabupaten Bantul pun melakukan penjemputan. Usai dijemput, dilakukan penyemprotan disinfektan di TPS 24 Patalan. 

Pemungutan suara terus berlangsung Selama dilakukan penyemprotan disinfektan, proses pemungutan suara dihentikan satu jam Setelah itu, pemungutan suara terus berlangsung hingga selesai. 

"Namun atas kejadian itu, ada banyak warga memilih tidak datang ke TPS. Ada 91 orang takut, dan akhirnya tidak datang. Proses pemungutan suara tetap berlangsung sampai penghitungan berakhir,” kata Yasin. 

Hasil monitoring Bawaslu, ada juga kejadian pemindahan TPS karena pemilik rumah takut adanya pemilih atau petugas yang terpapar Covid-19.
 
“TPS 27 Glodogan Bambanglipuro sempat memindahkan TPS karena pemilik rumah ketakutan kalau ada pemilih yang terpapar Covid,” katanya. (Jo)