Nasional

Andi Ghalib Dimakamkan Secara Militer di TMP Kalibata

 

Senin 09 May 2016, 18:22 WIB

Fajar Yugaswara – detikNews

Jakarta – Jaksa Agung era Presiden BJ Habibie Letnan Jenderal TNI (Purn) Andi M Ghalib dimakamkan secara militer di TMP Kalibata petang ini.

Inspektur upacara dalam pemakaman ini adalah Asisten Perencanaan dan Anggaran (Asrena) KSAD Mayjen TNI Dominicus Agus Riyanto. Iring-iringan jenazah tiba di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, pukul 16.20 WIB, Senin (9/5/2016). Jenazah kemudian diturunkan dari ambulans dan dibawa dengan kereta dorong ke area pemakaman.

andi 2Ratusan pelayat dari keluarga dan kerabat mengikuti proses pemakaman ini. Terlihat mantan Ketua MK Jimly Asshiddiqie ikut mengantar Andi Ghalib ke peristirahatan terakhir.
Andi Ghalib dimakamkan sekitar pukul 17.00 WIB. Proses pemakaman berlangsung khidmat di tengah tangis haru keluarga.

“Saya atas nama keluarga meminta maaf apabila selama beliau hidup memiliki salah dan semoga almarhum diterima di sisi Allah SWT,” ujar keluarga Andi Ghalib, Andi Senjaya.

Setelah selesai pemakaman, keluarga berbaris untuk menerima ucapan belasungkawa dari pelayat.

Jimly mengaku banyak kenangan bersama Andi Ghalib. Jimly dan Andi Ghalib banyak berhubungan dalam kaitan pekerjaan.

andi 3“Kami banyak bekerja sama dan bahkan saya juga diangkat menjadi Sekretaris Dewan Penegakan Keamanan dan Sistem Hukum yang dengan Jaksa Agung harus banyak berhubungan. Saya menjadi salah seorang saksi bahwa Pak Andi Ghalib orang yang baik, orang yang banyak kontribusinya bagi bangsa dan negara termasuk di bidang hukum,” kata Jimly usai mengikuti pemakaman.

Andi Ghalib meninggal akibat serangan jantung di RS Medistra Jakarta tadi pagi. Dia merupakan mantan Duta Besar RI untuk India sejak 8 April 2008 hingga 2013 di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Dia juga merupakan Jaksa Agung yang membawa mantan presiden Soeharto ke peradilan. Almarhum juga tercatat sebagai anggota DPR dari PPP periode 2014-2019. (nwy/nrl)

Sumber:

http://news.detik.com/berita/3206285/andi-ghalib-dimakamkan-secara-militer-di-tmp-kalibata

 

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close