Otomotif

Anda Pemudik Berkendaraan Sendiri? Lakukan 11 Poin Pemeriksaan Ini

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com — Pemudik dengan kendaraan sendiri diingatkan untuk melakukan melakukan pemeriksaan sebelum memulai perjalanannya.

Pemeriksaan tersebut, kata Retail Division Head Astra Otoparts-Shop&Drive, Indra Nugraha di Yogyakarta, Minggu, agar dalam perjalanan tidak mengalami gangguan.

“Perjalanan mudik yang menghabiskan waktu berjam-jam hingga sampai ke kampung halaman dapat menimbulkan risiko tinggi bagi pemudik jika kondisi pengendara mengantuk atau kelelahan. Tidak hanya itu, penyebab lain yang sering memicu kondisi fatal hingga terjadi kecelakaan adalah kendaraan yang rusak akibat lalai melakukan perawatan,” katanya.

Dengan demikian, katanya, tidak hanya harus menyiapkan fisik pemudik agar prima, namun juga kondisi mobil harus dipersiapkan secara matang agar perjalanan jauh tidak terganggu dengan timbulnya masalah yang diakibatkan karena kurang telitinya dalam memeriksa mobil sebelum mudik.

Ia menyebutkan, ada beberapa bagian dalam mobil yang penting untuk diperhatikan dan diperiksa terlebih dahulu sebelum hendak melakukan perjalanan jauh.

Indra menambahkan, setidaknya ada 11 poin yang harus diperiksa sebelum melakukan perjalanan mudik.  Ke-11 poin tersebut antara lain poin pemeriksaan oli yang meliputi mesin, oli gardan dan oli transmisi, poin kelistrikan dan air aki (accu), poin yang menyangkut filter udara, tekanan angin dalam ban, kondisi wiper, shock arbsorber, minyak rem dan  minyak kopling, filter oli dan AC, sistem perangan dan lampu serta semir ban.

“Jangan dianggap sepele. Dengan menyemir ban mobil secara rutin, akan membantu membersihkan ban dari kotoran yang membandel, membuat ban tampak seperti baru sesuai warna karet ban asli, dan tentu saja dapat memberikan perawatan agar ban tetap terjaga elastisitasnya sehingga perjalanan mudik akan terasa lebih nyaman dengan ban yang terawat,” ujarnya.

Ketika sudah melakukan 11 poin pemeriksaan tersebut dan kondisi mobil sudah baik, imbuhnya,  jangan melupakan hal-hal penting lainnya seperti surat-surat penting yang dibutuhkan ketika berkendara, kelengkapan alat untuk saat-saat darurat, serta peralatan P3K agar selalu siap sedia di perjalanan mudik, sehingga mudik berjalan lancar dan menjadi momen membahagiakan bersama orang tersayang saat lebaran. (AF)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close