Ekonomi

Analisis Perdagangan Saham, 19 April 2018

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Indeks Harga Saham Gabungan ( IHSG ) berakhir di zona hijau pada perdagangan hari Rabu (18/4). IHSG melaju +0,54 persen (+34 poin) ke level 6.320.

Market saham Asia rebound pada akhir perdagangan hari Rabu (18/4). Para pemodal tetap percaya diri di tengah sentimen penguatan kinerja laba emiten. Kenaikan market juga terjadi di tengah kekhawatiran yang berlarut-larut atas perkembangan tensi hubungan dagang global.

Perdagangan saham di bursa Tokyo berlangsung positif setelah Indeks Nikkei 225 naik 310,61 poin. Indeks Topix naik 1,14 persen. Saham-saham dari sektor ritel, utiliti dan tekno terpantau ada di zona hijau.

Di pasar saham Korsel, Indeks Kospi naik 1,07 persen terdorong oleh saham manufaktur serta finansial. Sedangkan saham tekno bergerak variatif walaupun emiten dari sektor tersebut, Samsung Electronics menguat 2,76 persen.

Pasar saham greater China juga melaju positif. Indeks Hang Seng menanggalkan pelemahan yang terjadi pada sesi sebelumnya. Sedangkan pasar saham China daratan berubah arah menguat setelah berada dalam tekanan di sesi pagi. Indeks Shenzhen naik 1,08 persen dan Indeks Shanghai naik 0,8 persen.

Walaupun bursa saham China melemah namun saham-saham bank bergerak menguat setelah bank sentral China pada Selasa kemarin mengatakan pemangkasan kewajiban rasio cadangan minimum (bank) sebesar 100bps pada beberapa bank.

“Rasio cadangan minimum diturunkan menjadi sentimen yang mendukung laba bank yang diperkirakan naik seiring turunnya biaya dana,” ujar OCBC Bank dalam risetnya.

Penguatan market saham Asia hari ini menjejaki kenaikan yang terjadi pada pasar saham Wall Street pada trading hari Selasa yang mana bursa USA memperpanjang penguatan sesi sebelumnya. Hal itu terjadi seiring sikap para pemodal yang dengan ceria menyambut rilis data kinerja laba emiten yang menguat.

Sementara pada perdagangan hari Selasa, market saham Asia melemah seiring pasar investor mencermati rilis data pertumbuhan ekonomi China di periode kuartal pertama 2018. GDP China tumbuh 6,8 persen melampaui estimasi para analis.

Pasar saham Wall Street ditutup sebagian besar lebih tinggi, Rabu, karena laporan keuangan perusahaan yang relatif positif dan lonjakan ekuitas terkait minyak bumi, tetapi Dow terbebani oleh prospek mengecewakan IBM.

Dow Jones Industrial Average berakhir turun 0,16 persen atau 38,56 poin menjadi 24.748,07 setelah IBM jatuh 7,6 persen menyusul prospek laba 2018 yang jauh di bawah ekspektasi analis, demikian laporan AFP dan CNBC , di New York, Rabu (18/4) atau Kamis (19/4) pagi WIB.

Sementara itu, indeks berbasis luas S&P 500 naik tipis 0,08 persen atau 2,25 poin menjadi 2.708,64, sedangkan Indeks Komposit Nasdaq menguat 14,14 poin atau sekitar 0,19 persen menjadi 7.295,24. (MU)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close