Nasional

Anak Jadi Mensos, Ginanjar Kartasasmita: Saya Terharu dan Bangga

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Mantan Menko Ekonomi, Keuangan, dan Industri Indonesia (Menko Ekuin) Ginandjar Kartasasmita mengaku bahagia dan bangga melihat anak keduanya, Agus Gumiwang Kartasasmita, dilantik menjadi Menteri Sosial (Mensos) oleh Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka.

“Saya masih bisa menyaksikan anak saya mendapat kepercayaan dari pemerintah menjadi seorang menteri, saya terharu dan bangga,” kata Ginandjar, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jumat (24/8/2018).

Rasa bangga itu muncul, lanjut Ginanjar, sebab anaknya yang selama ini berkecimpung dalam dunia politik akhirnya masuk ke pemerintahan sama seperti dirinya puluhan tahun lalu.

Istana negara, bagi Ginajar yang kini berusia 77 tahun ini, bukanlah tempat asing baginya. Ia memulai karier pemerintahannya sebagai Menteri Pertambangan dan Energi kedelapan periode 1988-1993, menjabat Kepala Bappenas kelima periode 1993-1998.

Ia juga pernah menjadi Menko Ekonomi, Keuangan, dan Industri Indonesia keenam pada 1998 dan Anggota Dewan Pertimbangan periode 2010-2014.

Tak hanya itu, Ginadjar juga seorang Ketua DPD pertama dengan masa jabatan Oktober 2004-Oktober 2009.

“Bisa dibayangkan bagaimana saya di sini kan dilantik di Istana ini barangkali lima kali,” tutur Ginandjar.

Bersama istrinya, Yultin Harlotina, ia hanya berpesan agar Agus mengemban tugas dan amanat yang dipercayakan Presiden Jokowi kepadanya dengan baik.

Tak hanya itu, Agus juga diingatkan untuk tidak mudah tergoda banyak hal yang bakal ditemui ketika menjadi pejabat.

“Banyak lika-likunya, gampang tersanjung itu harus hati-hati. Selalu ingat untuk mengabdi. Jangan mudah tergoda. Bukan hanya buat Agus tapi semua yang muda muda,” ujarnya.

Siang tadi, Agus Gumiwang dilantik Jokowi menjadi Menteri Sosial menggantikan Idrus Marham yang ditetapkan Komisi Pemberantasan Korupsi menjadi tersangka dugaan suap pembangunan PLTU Riau-1. (JS)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close