NasionalTokoh

Amoroso Katamsi, Pemeran Soeharto di Film G30S/PKI Meninggal Dunia

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Amoroso Katamsi, pemeran Soeharto dalam film Pengkhianatan G30S/PKI meninggal dunia, Selasa (17/4/2018).

Kabar meninggal pemeran Soeharto dalam film Penumpasan Pengkhianatan G30S PKI itu turut dikabarkan oleh Goenawan Mohammad.

“Amaroso Katamsi, aktor yang memerankan Presiden Suharto dalam pelbagai film, meninggal dinihari Selasa ini,” tulis Goenawan di Twitter miliknya.

Amaroso meninggal dunia di usia 78 tahun. Semasa hidup, Amorosi tak hanya berkiprah sebagai aktor, pria ini juga berprofesi sebagai dokter dan juga tentara.

Amoroso sempat dirawat di RS TNI Angkatan Laut Mintoharjo, Bendungan Hilir, Jakarta Pusat.

Ia dikabarkan wafat sekitar pukul 01.40 WIB. Belum diketahui penyakit apa yang diderita pria kelahiran Batavia, Hindia Belanda, 21 Oktober 1940 tersebut.

Amoroso pertama kali terjun ke dunia seni peran pada 1976 dalam film Cinta Abadi.

Namanya mulai menanjak ketika memerani Soeharto di film Djakarta 1966 pada 1982 dan Penumpasan Pengkhianatan G 30 S PKI garapan sutradara Arifin C. Noer pada 1984. Amoroso juga berperan sebagai Soeharto dalam film Dibalik 98 pada 2015.

Selain film, Amoroso juga tampil di beberapa sinetron, seperti Tukang Bubur Naik Haji (2013), Orang-orang Kampung Dukuh (2017), dan Tuhan Beri Kami Cinta (2017).

Mengutip berbagai sumber, Amoroso Katamsi yang lahir di Jakarta (dulu Batavia) di masa Hindia Belanda itu pergi menuju Yogyakarta setelah lulus SMA. Beliau melanjutkan kuliahnya di Fakultas Kedokteran Universitas Gajah Mada.

Sembari kuliah, Amoroso sering ikut sandiwara radio di RRI Yogyakarta. Dalam sebuah lomba deklamasi, almarhum W.S. Rendra yang saat itu menjadi juri, tertarik dengan penampilannya.

Rendra kemudian mengajaknya bermain drama bersama kelompok studi Drama Jogja. Dari sinilah awal mula pertemuan Amoroso dengan sutradara film Arifin C. Noer.

Tak hanya tertarik pada bidang seni, Amoroso juga peduli pendidikan. Dia pernah mengajukan beasiswa ke banyak instansi. Amoroso kemudian diterima di Angkatan Laut Republik Indonesia dan diangkat menjadi seorang tentara.

Setelah pensiun dari TNI Angkatan Laut dengan pangkat Laksamana Pertama, Amoroso tetap aktif sebagai seorang dokter di sebuah rumah sakit di Cilacap, Jawa Tengah.

Amoroso Katamsi juga membuka kelompok teater dan sesekali bermain sinetron. Salah satunya Orang-Orang Kampung Duku yang tayang di SCTV.

KOMENTAR
Tags
Show More
Close