Amien Rais Dirikan Partai Baru, PAN Tanggapi Santai

Amien Rais Dirikan Partai Baru, PAN Tanggapi Santai
Amien Rais

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Politisi senior yang juga pendiri Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais, telah mengumumkan akan mendirikan partai baru.

Ternyata, rencana Amien Rais ini ditanggapi santai oleh Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN, Viva Yoga Mauladi.

Menurut Viva Yoga Mauladi, pendirian partai baru yang dilakukan oleh tokoh reformasi itu bersama teman-teman merupakan hak warga negara yang dilindungi oleh konstitusi.

"Jika Pak Amien Rais akan mendirikan partai politik baru itu benar, maka itu adalah hak politik Pak Amien yang dijamin konstitusi," katanya, Jumat (11/9/2020).

"Bahwa setiap warga negara bebas merdeka untuk berserikat, berkumpul, mengeluarkan pendapat secara lisan dan tulisan, sebagaimana termaktub di pasal 28 UUD 1945," lanjutnya.

Sebelumnya, melalui video yang diunggah di akun YouTube Amien Rais Official, Amien Rais mengumumkan pendirian partai baru. Partai baru ini bernafaskan Islam.

"Saya ingin menyampaikan berita yang mungkin sudah banyak ditunggu oleh sebagian masyarakat yakni tentang kelahiran sebuah partai baru," katanya Kamis (10/9/2020) malam.

Pendiri PAN ini menekankan, partai baru bentukannya bersama kawan-kawan tersebut bernafaskan ajaran Agama Islam yang melarang segala bentuk diskriminasi terhadap kaum yang lemah.

"Asas partai adalah Islam rahmatan lil alamin, Islam melarang diskriminasi atas nama apapun. sementara semboyan Kami adalah melawan kezaliman dan tegakkan keadilan," jelasnya.

Di mana, lanjut Amien, ajaran Islam juga sejalan dengan pesan pokok dari Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

"Pesan pokok dari Pancasila Undang-Undang Dasar 1945 dan bahkan Alquran begitu searah begitu paralel," kata Amien. (Jo)