Tak Berkategori

Amankan Asian Games, Polri Siagakan 40 Ribu Personel

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan, pihaknya mempersiapkan 40.000 personel untuk mengamankan jalannya pelaksanaan Asian Games yang akan berlangsung Agustus mendatang.

Meski Asian Games hanya dilakukan di dua kota, pengamanannya tetap dilakukan di empat provinsi, yakni Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat.

“Untuk pengamanan yang terlibat langsung lebih kurang hampir 40.000 personel,” kata Tito Karnavian, di Polda Metro Jaya, Senin (30/7/2018).

Tito menambabkan, baik Polri maupun TNI juga menyiapkan pasukan cadangan untuk pengamanan Asian Games 2018. Ada 10.000 anggota Polri yang disiapkan oleh polda-polda di sekitar provinsi lokasi Asian Games.

Secara umum, kata Tito, Polri dan TNI merasa yakin akan mampu memberikan pengamanan maksimal selama penyelenggaraan Asian Games 2018.

Selain itu, Polri juga sudah mengidentifikasi empat ancaman keamanan yang harus diprioritaskan penangannya, yakni terorisme, kebakaran hutan, kejahatan jalanan dan kemacetan lalu lintas.

Karena itu Polri tak hanya mengamankan Asian Games 2018 yang berlangsung pada 18 Agustus hingga 2 September mendatang.

Dilakukan (pengamanan) hingga kontingen terakhir pulang ke negara asalnya,” ujar Tito.

Selain itu, pengamanan sudah dilakukan sebelum upacara pembukaan Asian Games 2018. Sebab, sebelum Asian Games 2018 resmi berlangsung sudah ada ada staf dan ofisial yang sudah tiba untuk mengecek lokasi pertandingan.

“Ada beberapa pertandingan sudah mulai tanggal 7 Agustus 2018. Kontingen, tim, dan ofisial ada yang datang awal Agustus 2018,” katanya. (JS)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close