Lintas Daerah

Alat Pencegah Kebakaran di Pasar Tradisional Masih Memprihatinkan

BANDUNG, SENAYANPOST.com – Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung, Ferdi Ligaswara, mengatakan, alat proteksi kebakaran di sejumlah pasar tradisional di Kota Bandung masih memprihatinkan.

“Kita melakukan pemeriksaan secara rutin dan menemukan masih adanya peralatan yang sangat memprihatinkan,” kata Ferdi Ligaswara, di Bandung, Rabu (5/9/2018).

Khusus untuk alat proteksi kebakaran pasar tradisional, lanjutnya, saat ini yang bisa dijadikan percontohan adalah Pasar Sarijadi.

Menurutnya, di pasar-pasar tradisional masih banyak alat listrik atau kabel yang berseliweran sembarangan. Dimana sering menjadi pemicu atau penyebab dari kebakaran yang terjadi di pasar-pasar tradisional.

Pihaknya menilai, pasar-pasar tradisional baru peduli akan keselamatan ketika telah terjadi bencana kebakaran.

Karena itu, Ferdi mengatakan, pihaknya terus melakukan sosialisasi terkait kebakaran, baik penanggulangan sejak api kecil maupun penggunaan alat proteksi. Walaupun sejauh ini permintaan yang datang, masih bersifat insidentil.

Dikatakannya, persoalan juga muncul terkait tata kelola alat proteksi kebakaran atau APAR (Alat Proteksi Api Ringan), masih di kantor saja. Sementara itu, perlu juga penempatan di beberapa titik atau kios sehingga dapat langsung digunakan ketika dalam keadaan darurat. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close