Ekonomi

Alat Berat Freeport Dipastikan Pakai B20

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Pemerintah memastikan PT Freeport Indonesia juga bakal menggunakan bahan bakar bio diesel 20% (B20), di mana sebelumnya perusahaan ini telah diberikan kelonggaran tidak menggunakan bahan bakar tersebut.

Menurut Direktur Logistik Supply Chain dan Infrastruktur PT Pertamina Gandhi Sriwidodo pihaknya sebagai pemasok telah mendistribusikan B20 kepada freeport. Pendistribusian tersebut dilakukan untuk bagian dengan suhu normal.

Sebab, saat ini pemerintah masih mengkaji penggunaan B20 untuk tambang freeport yang berada di bagian atas. Pasalnya, bahan bakar tersebut ditakutkan beku berada di suhu minus tiga derajat celcius.

“Yang di bawah, yang di darat yang tidak terpengaruh temperatur akan dilayani Pertamina melalui depotnya. Bagian bawah gunung, di kotanya kan ada temperatur normal,” jelasnya di Jakarta, Senin (3/9).

“Dan ada yang di Grasberg (bagian atas) masih dikaji dulu. Sementara ini yang di bawah itu, yang tidak terpengaruh suhu minus tiga derajat celcius itu akan disuplai oleh Pertamina dari depot terminal pPertamina di Timika,” papar dia.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Kementerian ESDM Djoko Siswanto menjelaskan Pertamina akan mensuplai bahan bakar B20 untuk freeport dengan bagian suhu normal sebesar 15% dari total kebutuhan freeport sebesar 30 ribu kiloliter per bulan.

“Perbulan itu 30 ribu kilo liter. Nah, itu (bagian suhu normal) 15% dari itu,” katanya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan Kementerian ESDM, Rida Mulyana mengatakan pihaknya akan mengkaji penggunaan B20 pada bagian atas tambang freeport dalam 1-2 minggu ke depan.

“Yang atas harus diaudit dulu. 1-2 minggu ini,” ucapnya. (MU)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close