Otomotif

Alasan Penjualan Mobil di Daerah Lebih Laris Dibanding di DKI

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Beberapa tahun terakhir, DKI Jakarta tak lagi mendominasi penjualan mobil di Indonesia. Hal ini salah satu faktornya terjadi karena pajak progresif.

Ya pajak yang membuat orang membayar lebih mahal saat membeli kendaraan kedua, ketiga dan seterusnya. DKI Jakarta kini sudah tergeser oleh Jawa Barat.

“Ya salah satunya karena adanya pajak progresif, orang jadi lebih memilih beli mobil di daerah,” ujar Sekretaris Umum Gaikindo Kukuh Kumara saat ditemui di Hotel Rinra, Makassar.

Dari sisi distribusi, lima besar provinsi dengan distribusi kendaraan terbanyak berada di Pulau Jawa. Setelah Jawa Barat dan DKI Jakarta, ada Jawa Timur, Jawa Tengah dan Banten.

Kemudian ada Sumatera seperti Riau dan Kepri, kemudian Sulawesi Selatan (Makassar) ada di urutan ketujuh.

“Pertumbuhan ekonomi yang baik di Makassar mendukung angka penjualan mobil. Kalau tidak salah BI (Bank Indonesia) menyebutkan di Makassar pertumbuhan ekonominya mencapai 7 persen, lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi nasional yang mencapai 5 persen. Inilah yang mendukung penjualan otomotif di Makassar tumbuh 40 persen dibanding 5 tahun yang lalu sehingga menduduki ranking ketujuh nasional,” ujarnya.

Karena itulah Gaikindo aktif mengadakan pameran di Makassar yang akan diikuti oleh 7 merek kendaraan penumpang, yaitu Daihatsu, DFSK, Honda, Mazda, Mitsubishi Motors, Renault, dan Wuling.

Sedangkan dari kategori kendaraan komersial, ada Mitsubishi Fuso yang siap memamerkan lini terbarunya. Masih ada Benelli, Honda, dan Mforce dari kategori sepeda motor dan industri pendukung yang akan meramaikan pameran otomotif terbesar di Sulawesi Selatan ini.

Tak hanya menampilkan berbagai kendaraan dan produk otomotif terbaik dan terlaris, GIIAS Makassar 2019 juga punya bermacam promo menguntungkan dan program seru yang sebaiknya jangan sampai dilewatkan.

Mulai dari promo bagi-bagi voucher bensin, test drive dan test ride, sampai talk show inspiratif GIIAS Autopreneur bersama para pakar otomotif. (AR)

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close