Alasan Harga Mobil Listrik di Indonesia Mahal

Alasan Harga Mobil Listrik di Indonesia Mahal
Mobil Listrik Hyundai

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Banyak yang berharap harga mobil listrik di Indonesia bisa ditekan hingga Rp 300 jutaan. Namun, saat ini mobil listrik seperti Hyundai Ioniq dan Kona EV dipasarkan dengan harga di atas Rp 600 jutaan. Harga yang masih tergolong tinggi untuk konsumen di Indonesia.

Makmur, Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), menyampaikan bahwa perseroan menyadari permintaan mobil nasional lebih baik berada pada segmen medium low dengan rentang harga Rp200 juta hingga Rp300 juta.

Namun, kata dia, perseroan saat ini masih dapat bertahan di segmen medium upper dengan rentang harga Rp600 juta hingga Rp700 juta.

“Permintaan di segmen ini pun juga masih cukup baik. Apakah bisa turun lagi ke Rp 200 juta hingga Rp 300 juta? Kami tidak bisa mengatakan hal itu, tetapi kami sudah mampu membuat harga mobil listrik dari yang awalnya miliaran rupiah menjadi Rp 600 hingga Rp 700 juta,” sebutnya seperti dilaporkan Bisnis, Selasa, 26 Oktober 2021.

Kendati demikian, Makmur menuturkan bahwa kesempatan untuk menurunkan harga mobil listrik ke harga lebih rendah sangat terbuka. Hanya saja hal tersebut akan sangat berpengaruh pada input teknologi dan kapasitas baterai.

Menurutnya, masyarakat sudah kadung berpandangan bahwa mobil listrik merupakan mobil dengan teknologi tinggi, sehingga input teknologi menjadi salah satu komponen biaya dalam produksinya.

Selain itu, pihaknya juga masih terus melakukan kajian terkait kenyamanan pelanggan jika kapasitas baterai mobil listrik hanya bisa untuk menempuh 50 kilometer.

“Memang itu tidak oke, tapi perlu dicatat bahwa harga baterai itu sampai 30 persen dari harga mobil itu sendiri. Karena mobil umum itu ada mesin transmisi dan bodi, kalau mobil listrik tidak ada mesinnya dan diganti baterai. Jadi harga ini berpengaruh.”

Hyundai merupakan salah satu produsen otomotif yang gencar memasarkan mobil listrik di Indonesia. Saat ini mereka sudah menjual dua model mobil listrik yakni Hyundai Ioniq dan Kona EV. Mereka juga mengumumkan bahwa Genesis Electrified G80 akan menjadi mobil resmi VIP KTT20 Bali pada 2022. Produsen asal Korea Selatan ini juga membawa mobil listrik terbaru mereka, Ioniq 5 ke Indonesia untuk dipamerkan. Bukan tidak mungkin mobil ini juga akan segera menyusul dipasarkan. (tempo)