Lintas Daerah

Aktivitas Penerbangan di Bandara Pekanbaru Tak Terganggu Demo #2019gantipresiden

PEKANBARU, SENAYANPOST.com – Pengelola Angkasa Pura II Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru menyatakan sejauh ini aktifitas penerbangan setempat tidak terganggu demo penghadangan kedatangan Ustazah Neno Warisman, di wilayah setempat Sabtu (25/8/2018) sore.

“Sejauh ini penerbangan di Bandara SSK II tidak ada masalah dan berjalan normal, baik kedatangan maupun keberangkatan,” kata Executive General Manager, Jaya Tahoma Sirait kepada Antara di Pekanbaru, Sabtu.

Jaya Tahoma menjelaskan Ustazah Neno Warisman memang tiba di Bandara SSK II naik Batik Air ID.7065 dari Halim Perdana Kusuma Jakarta Sabtu sore.

Namun sejauh ini walau ada aksi massa penolakan, itu tidak mengganggu kepada proses kedatangan. Maupun keberangkatan pesawat lainnya.

Hal ini dikarenakan masyarakat yang demo penolakan di luar bandara (lampu merah/gerbang menuju bandara).

“Aksi yang menolak kehadiran pihak-pihak yang datang ke Pekanbaru untuk acara deklarasi #2019gantipresiden,” ujar Jaya.

Apalagi sebut Jaya, sebagaimana diketahui bahwa Bandara sebagai objek vital nasional, oleh UU No.9 Thn 1998 termasuk tempat yang dilarang untuk melakukan kegiatan unrest atau sejenisnya.

Karena itu ia yakin pengaturan dan pengamanan di luar bandara oleh kepolisian dan TNI dilakukan sepenuhnya dan maksimal.

“Karenanya kami mengucapkan terima kasih atas kerjasama semua pihak dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Bandara SSK II,” imbuh Jaya Tahoma.

Sebelumnya diberitakan seratusan massa melakukan aksi penghadangan menolak kedatangan Ustazah Neno Warisman di Bandara Sultan Syarif Kasim, Kota Pekanbaru, Sabtu sore.

Neno Warisman datang dikabarkan akan melakukan acara deklarasi #2019GantiPresiden Minggu (26/8) besok di Pekanbaru.

Massa tersebut membentangkan beberapa spanduk bertuliskan tolak deklarasi #2019gantipresiden pada ruas jalan pintu keluar bandara.

Pada tempat itu juga aparat keamanan TNI dan Kepolisian juga menutup akses massa dengan pagar untuk masuk bandara.

Pada saat aksi berjalan sekitar pukul 17.00 WIB terjadi keributan antara massa dan pihak keamanan. Akibat jalan keluar Bandara Pekanbaru diarahkan pada ruas jalan masuk.

Pada saat bersamaan juga ada massa dari pihak yang ingin agar Ustazah Neno Warisman dibolehkan keluar dari bandara.

Perwakikan massa kelompok itu, Budi Febriadi mengatakan agar masyarakat mendengarkan arahan Lembaga Adat Melayu Riau.

“Dari Ketua LAM Riau Datuk Syahrial Abu bakar sudah memberikan nasehat kepada semua unsur agar menjaga Riau ini kalau masih ingin mencari hidup dan makan di Riau ini. Hari ini ada yang bergerak dari Inderagiri Hilir ke Pekanbaru ini, ada 720 orang dari Laskar Inderagiri Hilir bergerak menuju ke Pekanbaru, ini yang saya antisipasi,” ujarnya.

Dia mengatakan tidak ingin terjadi hal yang tak diinginkan karena ada massa yang datang dari luar kota untuk aksi deklarasi #2019gantipresiden tersebut. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close