Nasional

Aktivitas Gunung Agung Meningkat, Bandara I Gusti Ngurah Rai Ditutup

DENPASAR, SENAYANPOST.com – Kepala Otoritas Bandara Wilayah IV Bali Nusra, Herson, mengungkapkan, pihaknya memutuskan sementara operasional Bandara I Gusti Ngurah Rai., pasca peningkatan aktivitas Gunung Agung.

Putusan ini diambil setelah pihaknya menggelar rapat bersama Komunitas Bandara I Gusti Ngurah Rai membahas kondisi terkini aktivitas Gunung Agung, Jumat (29/6/2018) dini hari.

Ia menambahkan, ploting VAAC Darwin memprediksi terjadi sebaran (abu vulkanik) ke atas permukaan dengan ketinggian 23.000 feet yang mempunyai kecepatan 10 Knot, sudah menutupi ruang udara Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai-Bali.

“Sehingga kami putuskan menutup sementara operasional Bandara,” kata Herson.

Ia menambahkan operasional bandara ditutup sekitar 16 jam dari mulai pukul 03.00 WITA hingga 19.00 WITA nanti malam.

Selain dari ploting VAAC Darwin, dari record Pilot Report pada ketinggian 15.000-23.000 feet masih ditemui adanya Vulcanic ash di ruang udara dengan arah angin cenderung ke arah barat dan barat daya.

Namun sampai dengan pukul 00.38 Wita, Hasil Aerodrome Observation dalam bentuk Paper test menunjukkan NIL adanya Vulcanic Ash di Area Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali.

Evaluasi atas perkembangan situasi penyebarann Vulcanic Ash dan Arah angin akan tetap dievaluasi secara berkala.

Sebelumnya, pada Kamis (29/6/2018) malam, beberapa maskapai memilih membatalkan penerbangannya dari dan menuju Bali.

Paling tidak ada 48 penerbangan domestik dan internasional yang dibatalkan sebelum pihak otoritas Bandara Ngurah Rai memutuskan menutup bandara.(JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close