Lintas Daerah

Aktivis Bank Sampah Bentuk Forum Upcycle Indonesia

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – Kalangan aktivis bank sampah, akademisi, seniman dan pengusaha di Yogyakarta membentuk Forum Upcycle Indonesia (FUI).

Ketua Paguyuban Bank Sampah DIY Istiadji Subekti menyambut baik munculnya kelompok-kelompok pengelola sampah baru semacam Forum Upcycle Indonesia ini. Apalagi kelompok yang bergerak nyata mengatasi problema sampah yang sudah kronis.

“Diperlukan kelompok-kelompok atau pun gerakan masyarakat untuk mengelola sampah secara nyata. Di samping penting pula melakukan edukasi dan sosialisasi tentang pengelolaan sampah ini. Tapi, gerakan dengan praktik nyata pasti akan lebih bermakna,” kata Istiadji di Yogyakarta, Minggu (16/2/2020).

Paguyuban Bank Sampah DIY juga menyatakan kesiapannya bersinergi dengan Forum Upcycle Indonesia. Ia menegaskan, kolaborasi dan sinergi akan semakin memperkuat civil society dalam memperbaiki lingkungan dan ruang publik. Termasuk dalam urusan sampah.

Pada kesempatan itu, Istiadji menjelaskan kelompoknya juga akan bergerak nyata menyambut Hari Peduli Sampah Nasional 2020.

Paguyuban yang dipimpinnya menggelar kegiatan Bank Sampah Jogja Heboh di event Selasa Wagen 18 Februari 2020.
Selain menggelar 50 macam pelatihan untuk membuktikan hal-hal yang bisa dilakukan Bank Sampah, kegiatan juga diisi launching Gerakan Malioboro Resik Lan Ijo (Bersih dan Hijau). Ke depan Paguyuban Bank Sampah DIY mendampingi Komunitas Malioboro untuk mengelola sampah melalui konsep bank sampah komunitas.

Salah satu anggota Ecopreneur FUI, Boy Candra, mengatakan, perlu penguatan model pendekatan kemitraan/gotong royong dalam pengelolaan sampah.

Tim Ecopreneur lanjutnya, telah menjalani jalur usahaini dengan membangun pabrik daur ulang sampah.
Anggota Tim Ecopreneur FUI yang lainnya, Franziska menambahkan d gelaran festival akan ada pasar dengan fashion show dan pameran seni rupa kontemporer. (AS)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close