NasionalTokoh

Aksi Jokowi hingga Ahok Hempas Amarah Korban Vaksin Palsu

Jakarta – Peredaran vaksin palsu mencoreng wajah dunia kesehatan. Kejadian ini memicu kemarahan para orang tua yang anaknya diberi vaksin palsu. Presiden Joko Widodo hingga Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) pun berusaha meredamnya, ini solusi mereka:
14 Rumah sakit dan 37 Fasilitas Kesehatan ditemukan menggunakan vaksin palsu. Hingga kini, ada 23 orang ditetapkan menjadi tersangka. Temuan itu membuat para orang tua kecewa karena buah hatinya disuntik vaksin palsu. Para orang tua lalu meminta pertanggungjawaban rumah sakit dan pemerintah.
Menghadapi peristiwa ini, Presiden Jokowi mengimbau masyarakat tetap tenang. Ia meminta agar kepolisian mengusut tuntas kasus tersebut. Imbauan senada juga disampaikan Ahok yang mengancam akan mencabut izin rumah sakit yang terbukti sengaja mengedarkan vaksin palsu.
Solusi lainnya juga diberikan anggota Komisi IX DPR yang meminta agar kebijakan limbah RS dievaluasi lagi mengingat kemasan vaksin palsu menggunakan botol-botol bekas dari rumah sakit. Sementara itu, pemerintah kemudian melakukan vaksin ulang yang digelar di puskesmas dan rumah sakit. Sedangkan proses hukum bagi para pelaku vaksin palsu terus ditangani pihak Bareskrim Polri.
(dtc)
 

KOMENTAR
Lihat selanjutnya
Close