Lintas Daerah

Aksi Dukung dan Tolak Revisi UU KPK Berlangsung di Yogyakarta

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com — Dua aksi yang berseberangan maksud, berlangsung di tempat yang sama di Yogyakarta, Kamis (12/9/2019).

Aksi yang berlangsung di Titik Nol Kota Yogyakarta ini yang pertama digelar oleh elemen Masyarakat Peduli Revisi UU KPK.

Koordinator Aksi, Waljito mengatakan revisi  UU Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK yang diajukan Badan Legislasi DPR telah disetujui menjadi RUU inisiatif DPR pada sidang paripurna 5 September lalu.

Oleh karena itu ujarnya, seluruh elemen bangsa  diharapkan turut serta mensukseskan kepentingan bersama dengan mendukung revisi UU KPK ini.

“Revisi UU KPK itu tidak dimaksudkan untuk melemahkan tetapi justru memperkuat dan akan semakin meningkatkan kinerja KPK,” katanya.

Karena itu ia mengajak masyarakat untuk bergabung dan mendukung sepenuhnya revisi UU KPK tersebut.

Elemen masyarakat lainnya, yang menamakan dirinya Mahasiswa Masyarakat Jogja Dukung Lembaga dan Revisi UU KPK (MAMA JADUL KPK) lebih mendorong agar DPR RI segera mengesahkan revisi UU komisi antirasuah tersebut.

Langkap DPR yang telah menginisiasi revisi UU KPK merupakan bentuk evaluasi penyempurnaan fungsi dan kelembagaan KPK.

Di tempat yang sama, ratusan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Yogyakarta menggelar aksi menolak revisi UU KPK.

Dalam aksi itu mereka mendesak agar Presiden segera bersikap menolak revisi undang undang tersebut.

Dekan Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia, Dr Abdul Jamil  meminta DPR membatalkan revisi UU KPK. “Kami juga mendesak presiden untuk memenuhi janjinya untuk melakukan penguatan KPK, bukan justru melemahkan,” ujarnya. (AS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close