Nasional

Akses Informasi dan Budaya Universal di Perpustakaan Harus Dimanfaatkan

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI) Muhammad Syarif Bando mengingatkan perpustakaan adalah elemen sentral suatu bangsa dalam peningkatan literasi masyarakatnya.

“Karena perpustakaan memiliki modal terhadap akses informasi, teknologi informasi dan komunikasi, serta budaya universal,” kata Muhammad Syarif Bando, saat peluncuran buku “Ikon  Peradaban  dan  Ilmu Pengetahuan”, di Gedung Perpusnas, Jakarta, Jumat (6/12/2019).

Untuk itu, Muhammad Syarif Bando mengajak semua lapisan masyakarat bisa semaksimal mungkin memanfaatkan Perpustakaan yang ada. “Fasilitas yang ada ini harus bisa dimanfaatkan sebaik mungkin,” katanya.

Ia menambahkan, peluncuran buku ini merupakan penjabaran dari inovasi dan komitmen Perpusnas untuk membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat Indonesia. Komitmen ini diwujudkan dalam berbagai  bentuk strategi khususnya untuk meningkatkan budaya literasi masyarakat Indonesia.

“Bentuk nyata yang sekarang bisa dirasakan oleh masyarakat Indonesia adalah adanya pelayanan secara terbuka kepada seluruh masyarakat lewat akses secara digital,” kata Muhammad Syarif Bando. 

Dalam buku ini dijabarkan tentang peran Perpusnas sebagai lembaga pelestarian warisan budaya literasi bangsa. Buku ini juga memuat kisah para founding fathers bangsa Indonesia tentang kecintaan membaca buku, kisah para pegiat literasi pada masa lampau, serta tulisan ringkas sebuah naskah kuno yang telah mendapat pengakuan dunia sebagai Ingatan Dunia/Memory of The World.

“Ini menunjukkan arti penting membaca dan betapa bangsa Indonesia sangat kaya dengan warisan literasi yang mencerminkan karakter masyarakat Nusantara yang unik dan beragam,” katanya.

Pada peluncuran buku ini juga digelar diskusi panel yang menghadirkan beberapa pembicara. Pada kesempatan yang sama, Kepala Perpusnas meresmikan Press Corner Perpusnas yang berada di bagian depan Gedung Fasilitas Layanan Perpusnas. Press Corner Perpusnas memuat sejumlah unit komputer lengkap dengan fasilitas serta kecepatan internet yang memadai, pojok coffee break, sarana toilet, dan sofa untuk rehat sejenak. (Jo)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close