Akibat PPKM Darurat, Pertumbuhan Ekonomi RI Hanya 3,51 Persen pada Kuartal III

Akibat PPKM Darurat, Pertumbuhan Ekonomi RI Hanya 3,51 Persen pada Kuartal III
PPKM Darurat

Kepala BPS Margo Yuwono mengatakan, berdasarkan besaran Produk Domestik Bruto (PDB) Atas Dasar Harga Berlaku (ADHB) pada kuartal III-2021 mencapai Rp4.325,4 triliun dan Atas Dasar Harga Konstan (ADHK) mencapai Rp2.815,9 triliun.

"Bila kita bandingkan dengan kuartal III-2020 atau year on year perekonomian Indonesia tumbuh 3,51 persen," kata dia, dalam video conference, Jumat, 5 November 2021.

Meski demikian, pertumbuhan ekonomi di kuartal III ini lebih rendah dari kuartal sebelumnya yang sempat meroket ke 7,07 persen. Hal ini lantaran pengetatan mobilitas masyarakat selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Secara kuartalan

Secara kuartalan, ia menambahkan, pertumbuhan ekonomi hanya tumbuh 1,55 persen pada kuartal III tahun ini. Sementara secara kumulatif sejak Januari hingga September 2021, pertumbuhan ekonomi tercatat positif sebesar 3,24 persen.
"Ini belum mencapai level pada tahun-tahun sebelumnya dikarenakan ada berbagai peristiwa dan yang berpengaruh besar adanya PPKM yang itu menghambat mobilitas dan akhirnya mengganggu aktivitas ekonomi secara keseluruhan," pungkasnya.

Apa Reaksi Anda?

like
0
Suka
funny
0
Lucu
wow
0
Wow
sad
0
Sedih
angry
0
Marah

Komentar