Akibat Libur Panjang Mulai Terasa, 3 Hari Berturut-turut Corona Capai 1.000

Akibat Libur Panjang Mulai Terasa, 3 Hari Berturut-turut Corona Capai 1.000
Corona

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Tren kasus harian corona Jakarta sempat melandai belakangan. Penambahan kasus baru setiap harinya tak lagi di atas seribu kasus.

Namun dalam 6 hari belakangan, kasus harian Jakarta kembali menembus angka pertumbuhan harian di atas seribu kasus. Pada 10 November tercatat kasus baru di Jakarta ada 1.013 kasus.

Diduga kuat, penambahan kasus ini merupakan efek dari long weekend yang baru terasa. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sudah memprediksi bila long weekend berefek pada pertumbuhan kasus corona, baru terlihat setelah 2 pekan.

"Kita membahas perkembangan penanganan COVID di Jakarta memang untuk bisa mengetahui efek dari libur panjang diperlukan waktu beberapa hari ke depan," ujar Anies di gedung DPRD DKI Jakarta.

Dikutip dari situs corona.jakarta.go.id, Senin (16/11), kasus corona di Jakarta selama PSBB transisi memang sempat menunjukkan tren positif. Sebab, hampir setiap hari, penambahan kasus harian selalu di bawah 1.000.

Namun, 3 hari belakangan, peningkatan mulai terlihat. Pada 13 November kasus harian di Jakarta kembali naik di atas seribu dengan 1.033 kasus. Berlanjut pada 14 November dengan 1.255 kasus.

Hingga data terakhir pada 15 November kemarin, kasus harian corona Jakarta masih tinggi, dengan 1.165 kasus baru.

Jika melihat kalender, kenaikan kasus ini terjadi setelah 9 hari long weekend cuti bersama dan Maulid Nabi yang jatuh pada 28-30 Oktober lalu. Berdasarkan pedoman WHO, masa inkubasi dan penularan corona saat ini, yakni 10 hari.

Sejak long weekend berakhir, dia memastikan Pemprov tetap waspada dan melakukan antisipasi lonjakan kasus. Dia meminta warga yang memiliki keluhan untuk melapor dan melakukan pemeriksaan. Juga tetap disiplin menggunakan masker, sehingga penularan bisa dibendung.

"Jadi kita waspada dan kepada seluruh masyarakat tetap menggunakan masker dimanapun, kapanpun, dan tetap jaga jarak dan cuci tangan secara teratur," tuturnya.

Penambahan kasus harian Jakarta 10-15 November:

- 10 November: 1.031 kasus

- 11 November: 587 kasus

- 12 November: 831 kasus

- 13 November: 1.033 kasus

- 14 November: 1.255 kasus

- 15 November: 1.165 kasus

Long weekend memang menjadi momok di masa pandemi corona. Meningkatnya mobilitas warga saat libur panjang membuat risiko penularan corona juga meningkat. Misalnya saat long weekend HUT RI ke-75 dan Tahun Baru Islam pada Agustus 2020.

Dua minggu kemudian, pertumbuhan corona di Jakarta mencapai rekor, yakni 1.505 kasus pada 16 September 2020. Ini sekaligus catatan tertinggi pertumbuhan kasus harian di Jakarta.