Konsultasi Hukum

Akibat Hukum Menerima Dana Salah Transfer

Pengasuh rubrik hukum Senayan Post yang kami hormati,

Beberapa waktu yang lalu, saya menarik uang di ATM saya, saya terkejut ketika mengecek saldo ada uang Rp.5.000.000,-, padahal uang tabungan saya hanya beberapa ratus ribu saja.

Merasa ada rezeki nomplok saya tarik semua uang tersebut karena saya memang sedang butuh uang, beberapa waktu kemudian saya dihubungi oleh orang yang mengakui telah salah mentransfer.

Orang tersebut meminta saya mengembalikan uangnya, dia mengancam akan melaporkan ke polisi jika saya tidak mengembalikan.

Pertanyaan saya, apakah benar saya bisa ditangkap polisi jika tidak mengembalikan uang tersebut? Terima kasih.

Soni, Bengkulu

Jawaban:

Saudara Soni yang kami hormati,

Untuk menjawab pertanyaan Saudara, dasar hukum yang kami gunakan adalah Undang undang Nomor 3 Tahun 2011 tentang Transfer Dana dan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP).

Terkait kesalahan transfer dana telah diatur pada Pasal 85 Undang undang Nomor 3 Tahun 2011 tentang Transfer Dana menyatakan: “Setiap orang yang dengan sengaja menguasai dan mengakui sebagai miliknya dana hasil transfer yang diketahui atau patut diketahui bukan haknya dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun atau denda paling banyak Rp5.000.000.000,00 (lima miliar rupiah).”

Sedangkan Pasal 372 ((KUHP menyatakan: “Barang siapa dengan sengaja dan melawan hukum memiliki barang sesuatu yang seluruhnya atau sebagian adalah kepunyaan orang lain, tetapi yang ada dalam kekuasaannya bukan karena kejahatan diancam karena penggelapan, dengan pidana penjara paling lama empat tahun atau pidana denda paling banyak sembilan ratus rupiah.”

Berdasarkan kedua aturan di atas, artinya kita tidak boleh menguasai dan memiliki apalagi membelanjakan uang hasil transfer yang diketahui atau patut diketahui bukan milik kita.

Jadi apabila saudara telah diperingatkan oleh orang yang salah mentransfer untuk mengembalikan uang tersebut sebaiknya saudara mengembalikannya atau setidaknya menyatakan akan mengembalikan uang tersebut.

Apabila saudara tidak mau mengembalikan uang atas kesalahan transfer tersebut, saudara dapat dilaporkan ke kepolisian atas dugaan tindak pidana sebagaimana diatur dalam Pasal 85 Undang undang Nomor 3 Tahun 2011 tentang Transfer Dana dan atau tindak pidana penggelapan sebagaimana diatur dalam Pasal 372 KUHP.

Demikian jawaban dari kami, semoga bermanfaat.

Ade Putra Rusli, S.H./Konsultan Hukum

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close