Akhir Bulan, Kasus Positif Covid-19 RI Bakal Tembus 1 Juta

Akhir Bulan, Kasus Positif Covid-19 RI Bakal Tembus 1 Juta
Megapolitan - Kompas.com

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Ketua Umum Palang Merah Indonesia Jusuf Kalla memproyeksikan kasus positif Covid-19 di tanah air akan menembus 1 juta.

Proyeksi itu disampaikan JK, sapaan akrab Jusuf Kalla, dalam acara Pencanangan Gerakan Nasional Pendonor Plasma Konvalesen yang berlangsung di kantor pusat PMI, Jakarta, Senin (18/1/2021).

"Tiap hari masih banyak penularan positifnya. Apabila kondisi hari ini berjalan terus di atas 10 ribu, maka pada akhir bulan ini bisa tembus 1 juta yang tertular yang positif," ujarnya.

Berdasarkan data Satuan Tugas Penanganan Covid-19, per 17 Januari 2021, kasus konfirmasi positif Covid-19 sebanyak 907.929. Dari jumlah itu, sebanyak 736.460 sembuh dan 25.987 meninggal. Per kemarin, ada penambahan 11.287 kasus baru terkonfirmasi positif Covid-19.

Menurut JK, pandemi Covid-19 merupakan salah satu bencana yang menimpa negara ini. Selain beberapa bencana lain yang hadir belakangan seperti banjir di Kalimantan Selatan hingga gempa di Sulawesi Barat.

"Ini semua ujian bagi kita, ini semua hal yang patut yang harus kita atasi sebaik-baiknya bersama. Hari ini kita berkumpul untuk bagaimana membantu secara baik para penderita atau yang tertular Covid-19," kata JK.

"Dalam catatan kemarin, sudah lebih dari 900 ribu yang positif, yang meninggal 25 ribu lebih hampir 26 ribu, semua merupakan suatu musibah yang besar dan penularan yang cepat," lanjutnya.

Wakil Presiden ke-10 & ke-12 RI itu mengungkapkan berbagai upaya telah dijalankan pemerintah dan semua stakeholder dalam penanganan Covid-19.

"Terakhir kita bersyukur telah mulai vaksinasi yang bisa dapat menghentikan penularan dengan imunisasi kepada tubuh kita. Kita berterima kasih kepada pemerintah dan semua pihak yang terlibat untuk itu," ujar JK.