Peristiwa

Ajaib, Rumah Rayap di Brasil Terlihat dari Luar Angkasa

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Percaya atau tidak, rumah rayap bisa terlihat dari luar angkasa? Hal ini dibuktikan dari peneliti yang terdiri dari Stephen J, Martin, Roy R Funch, Paul R. Hanson dan Eun-Hye Yoo serta pengamatan dari luar angkasa.

Rumah rayap yang dimaksud memang tidak kecil seperti yang kita lihat pada umumnya. Rumah rayap bisa terlihat dari luar angkasa karena strukturnya raksasa.

Gundukan rumah rayap kuno di Brasil (Foto www.popularmechanics.com-Roy Funch)

Dikutip dari Slashgear, Kamis 22 November 2018, rumah rayap raksasa yang berlokasi di Brasil itu ternyata merupakan rumah rayap kuno.

Hasil studi tim peneliti yang diterbitkan di jurnal Current Biology menunjukkan, gundukan itu merupakan deposit dari rayap selama proses penciptaan terowongan bawah tanah.

Studi menemukan, setidaknya 200 juta rumah rayap bertebaran pada area seluas 230 ribu kilometer persegi di timur laut Brasil. Ukuran dimensi rumah rayap itu tinggi 2,5 meter dan lebar 9 meter. Dengan dimensi tersebut tak heran, objek rumah rayap ini bisa terlihat satelit yang mengorbit di luar angkasa.

Jika ratusan juta rumah rayap ini dikumpulkan, peneliti mengatakan itu setara dengan 4.000 Piramida Giza.

Dalam pengukuran 11 sampel rumah rayap itu, peneliti menemukan usia rumah rayap beragam mulai dari 690 sampai dari 4 ribu tahun lalu.

Gundukan rumah rayap kuno di Brasil (Foto www.popularmechanics.com-Roy Funch)

Dari usia tersebut, peneliti meyakini ini merupakan rumah rayap tertua yang pernah ditemukan peneliti di dunia, jauh lebih tua dengan yang ditemukan di Afrika. Temuan rumah rayap ini dilabeli peneliti sebagai penemuan terbesar ekosistem spesies serangga.

Namun demikian, rumah rayap itu sebagian sudah dipotong dan dihilangkan untuk pembangunan jalan.

Peneliti mengatakan pada tiap gundukan cuma mengandung tanah, tak ada struktur internal lain di dalam gundukan itu. Gundukan rumah rayap ini terbuka untuk diuji dalam penelitian lebih lanjut.

KOMENTAR
Tags
Show More
Close