Ekonomi

Ahok Rangkap Jabatan jadi Komisaris Independen Pertamina

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok tak hanya menjabat sebagai komisaris utama, tetapi dia kini juga ditetapkan sebagai komisaris independen.

“Jadi, pak Basuki Tjahaja Purnama, jabatannya sekarang komut, (dan) komisaris independen,” kata Vice President Corporate Communication Fajriyah Usman di Jakarta, Senin (23/12/2019).

Fajriyah mengatakan, rangkap jabatan yang diemban Ahok sebagai sesuatu yang lumrah dalam kepengurusan. Rangkap jabatan dilakukan sesuai dengan Peraturan Menteri BUMN terkait penerapan tata kelola yang baik dalam perusahaan negara yang ditetapkan pemegang saham, Menteri BUMN Erick Thohir.
“Dalam aturan itu harus ada anggota komisaris yang independen sebesar 20 persen, which is kalau Pertamina saat ini kita sudah punya Pak Alexander Lay sebagai Komisaris Independen, sekarang ditambah satu Pak Basuki. Jadi sudah mencukupi sesuai peraturan,” ucapnya.
Selain mengangkat Ahok dengan jabatan baru, Fajriya menyebut keputusan pemegang saham lainnya adalah untuk memberhentikan Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara dari jabatannya sebagai Komisaris Pertamina, dan menggantinya dengan Isa Rachmatarwata.

 

“(Sekarang) Penyerahan surat keputusan, penyerahan salinan. keputusan RUPS yang lain, memberhentikan Pak Suahasil Nazara sebagai komisaris, dan digantikan Pak Isa Rahmatarwata yang sekarang menjabat sebagai Dirjen Kekayaan Negara (DJKN),” ujarnya.

Kendati demikian, Fajriyah tidak berkomentar banyak terkait alasan dibalik pergantian tersebut. Ia pun langsung masuk ke dalam Gedung Kementerian BUMN untuk menyerahkan salinan keputusan yang dipegangnya.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close