Politik

Ahmad Basarah Dinilai Paling Pas Gantikan Hasto

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Kabar akan digesernya Hasto Kristiyanto dari posisi Sekjen PDI Perjuangan terus menyeruak.

Jika benar Hasto dilengserkan dari jabatannya, menurut Direktur Eksekutif Sinergi Masyarakat untuk Demokrasi Indonesia (Sigma) Said Salahudin, PDIP memiliki banyak stok kader yang militan dan mendukung Megawati.

“PDIP punya banyak kader, salah satunya Ahmad Basarah,” kata Said Salahudin, di Jakarta, Jumat (10/1/2020).

Basarah yang saat ini menjawab Wakil Ketua MPR merupakan sosok yang pas. Dia mengetahui dan menguasai manifesto partai dan tentu nilai-nilai Pancasila.

“Dia juga loyal,” tegas Said.

Meski sudah dibantah, kabar pergantian Hasto sebagai sekjen partai masih terus berhembus. Isu ini menggelinding bersamaan dengan peristiwa operasi tangkap tangan (OTT) tim KPK yang menyasar Komisioner KPU Wahyu Setiawan.

Selain Wahyu, KPK juga menetapkan tiga tersangka lain.

Yaitu, Agustiani Tio Fridelina bersama Wahyu sebagai penerima suap. Agustiani adalah mantan anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, yang juga orang kepercayaan Wahyu.

Dua tersangka lainnya adalah pemberi suap. Yaitu, Harun Masiku dan Saeful Bahri.

Harun diketahui calon anggota DPR RI 2019-2024 dari PDIP daerah pemilihan Sumatera Selatan I. Sementara Saeful adalah orang kepercayaan Sekjen PDIP Hasto Kristianto, dia juga tercatat sebagai caleg DPR RI 2019 dari PDIP daerah pemilihan Riau II.

Empat orang ini diduga terlibat tindak pidana korupsi menerima hadiah atau terkait penetapan anggota DPR RI terpilih tahun 2019-2024, pengganti almarhum Nazarudin Kiemas.

Pernyataan mengejutkan datang dari tersangka Saeful. Dia mengatakan diberikan sejumlah uang oleh Hasto untuk menyuap Wahyu.

Hasto dan sejumlah PDIP belum memberikan pernyataan resmi soal tuduhan Saeful tersebut. Kemarin, Hasto hanya mengatakan bawah proses PAW di partainya tidak bisa dinegosiasikan. (Jo)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close