Ekonomi

Ada Tol Trans Jawa, Penumpang Kapal Ferry Meningkat

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Gencarnya pembangunan infrastruktur, seperti Tol Trans Sumatera dan Jawa berefek positif bagi perusahaan pelat merah PT ASDP Indonesia Ferry (Persero). Adanya infrastruktur tersebut, diperkirakan mengerek jumlah penumpang yang diangkut oleh kapal ASDP.

Menurut Direktur Utama ASDP Indonesia Ira Puspadewi, selama tahun 2018 telah melayani 7,1 juta penumpang, 6,46 juta kendaraan, dan 1,14 juta ton barang. Penumpang itu dilayani dengan 151 unit kapal di 35 pelabuhan.

Pada tahun 2019, Ira memperkirakan ASDP akan mengangkut 8,6 juta penumpang, 6,84 juta kendaraan, dan 1,14 juta ton barang. Menurut Ira, hal itu didorong oleh Trans Sumatera dan Jawa.

“Kita memprediksi 8 sekian juta 2019 tentu harus diupayakan, satu hal yang saya cukup optimis jika melihat perbaikan jalan darat yang secara signifikan di Sumatera maupun Jawa, karena perbaikan signifikan itu kami sudah melihat tanda-tandanya,” katanya dikutip dari detikcom, Rabu (16/1/2019).

Dia mengatakan, tanda yang dimaksud ialah meningkatnya jumlah penumpang yang diangkut saat musim liburan akhir tahun 2018.

“Pada liburan Natal kemarin tanggal 21 Desember, kami melihat kenaikan penumpang dengan kendaraan roda 4 itu kenaikannya signifikan kalau biasanya kenaikan-kenaikan di bawah 10%, ini kenaikan hampir 50%,” katanya.

“Kami berikutnya monitor lagi, pas kejadian tsunami sebetulnya, tanggal 22 ada kenaikan sampai 27% masih tinggi sekali, saat itu orang belum sadar terjadi,” imbuhnya.

Ira optimistis, jumlah penumpang meningkat sejalan dengan pembangunan infrastruktur yang dibangun pemerintah.

“Dari situ melihat kenaikan adalah kontribusi langsung kegairahan masyarakat Indonesia untuk berjalan liburan jalan darat melalui pelabuhan ASDP,” ujarnya.

KOMENTAR
Tags
Show More
Close