Lintas Daerah

Aceh Terendah Capaian Vaksin MR

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – Menteri Kesehatan Nila Anfasa Farid Moeloek mengatakan, sampai saat ini Aceh menjadi propinsi paling rendah capaian penggunaan vaksin campak dan rubella atau vaksin MR dibanding daerah lain di seluruh provinsi Indonesia.

Capaian untuk vaksinasi MR di Aceh, menurut Nila, masih sangat rendah baru sekitar 7 persen dari data terakhir yang dia terima. “Pencapaiannya masih rendah, sekitar tujuh persen,” kata Menteri Keehatan disela-sela acara Sidang Umum Ke 35 International Council Of Women di Inna Garuda, Jalan Malioboro, Yogyakarta, Jumat (14/9/2018).

Namun ia membantah kegiatan vaksinasi MR di Aceh saat ini sedang dalam proses dihentikan. Diakui di Aceh proses itu berjalan lambat sehingga perlu perpanjangan waktu agar dapat mencapai target.

Ia menambahkan, hingga i akhir tahun ini, diharapkan dapat mencapai 20 persen.

Sebelumnya Kementerian Kesehatan mengatakan penggunaan vaksin campak dan rubella atau vaksin MR telah diperbolehkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Ia mengungkapkan, vaksin MR diperlukan untuk memutus mata rantai penularan penyakit. Vaksiniasi tahap kedua tahun ini menjangkau wilayah-wilayah terpencil dengan sasaran bisa mengimunisasi sebanyak 32 juta anak. (JS)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close