Acara Nikahan Putri Rizieq, FPI Klaim Hanya Undang 30 Orang

Acara Nikahan Putri Rizieq, FPI Klaim Hanya Undang 30 Orang
Tamu undangan pernikahan putri Rizieq Shihab, Shafira Najwa Shihab, mulai berdatangan ke Petamburan, Jakarta Pusat, Sabtu (14/11/2020) malam. (Foto/Kompas.com)

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Sekretaris Bantuan Hukum DPP FPI Aziz Yanuar mengklaim acara pernikahan putri Rizieq Shihab hanya mengundang 30 orang yang berasal dari pihak keluarga.

"Undangan resmi tidak sampai 30 orang," ujarnya di Polda Metro Jaya, Rabu (18/11/2020).

Awalnya acara pernikahan itu terpisah dengan acara peringatan Maulid Nabi. Namun, atas usulan dari DPP FPI kedua acara itu digabungkan. Alhasil, massa yang hadir dalam acara itu pun membludak.

"Tidak ada niat dari keluarga Habib Rizieq untuk mengadakan secara besar-besaran, tidak ada. Itu hanya untuk keluarga, tapi usul dari panitia, dari DPP, jadi ini murni usul dari kami," sebut Aziz.

Dia mengaku tak menyangka banyak massa yang hadir dalam acara tersebut. Pihak panitia pun cukup kesulitan memastikan penerapan protokol kesehatan.

"Kesulitan itu terjadi ketika hari H-nya, karena kita tidak menyangka massa begitu besar seperti itu karena kita menganggap ini sudah lewat euforianya, kita anggap ya seperti itu, prediksi kita. Tapi ini meleset, itu di luar prediksi kita," paparnya.

Nah, ketiadaan penerapan protokol kesehatan dalam acara itu, tak bisa semata-mata disalahkan ke pihak panitia.

Sebab, pihak panitia mengklaim telah berusaha maksimal menerapkan protokol kesehatan dengan membagikan masker kepada massa.

"Adapun perihal oknum-oknum yang tidak menggunakan itu yang bersangkutan yang disalahkan, tidak bisa panitianya disalahkan semua kan," ucap Aziz.

Pernyataan Aziz tersebut berbeda dengan surat yang diajukan pihak FPI sebelum acara. Surat itu diterima Lurah Petamburan Setianto.

Dalam surat tersebut FPI mengajukan izin penutupan Jalan KS Tubun untuk mengantisipasi 10 ribu tamu yang bakal hadir.

Sementara itu berdasarkan pengakuan salah satu tamu undangan pernikahan putri Rizieq, Wati, acara resepsi saat itu memang menerapkan protokol kesehatan.

Sementara itu, pihak kepolisian juga masih menyelidiki apakah ada unsur tindak pidana terkait kerumunan massa tersebut.

Ditreskrimum Polda Metro Jaya telah memanggil sembilan orang untuk dimintai klarifikasi, termasuk Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Kerumunan massa dalam acara pernikahan putri Rizieq ini juga berbuntut pencopotan Kapolda Metro Jaya dan Kapolres Jakarta Pusat.