Hukum

Abraham Samad Sebut KPK Wajib Tetapkan Boediono Tersangka

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – ┬áNama mantan Wakil Presiden (Wapres) periode 2009-2014, Boediono, kembali mengemuka dalam kasus Bank Century setelah hakim praperadilan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) memerintahkan KPK melakukan penyidikan lanjutan atas skandal Bank Century.

Hakim memerintahkan KPK menetapkan tersangka baru, salah satunya mantan Gubernur Bank Indonesia Boediono.

Mantan Ketua KPK Abraham Samad yang kala menjabat menangani skandal Bank Century juga turut angkat bicara. Menurutnya, dengan putusan hakim praperadilan PN Jakarta Selatan, KPK harus segera melakukan penyelidikan atas perkara Bank Century.

“Ya harus sesegera mungkin,” katanya di Yogyakarta, Minggu (15/4/2018).

Saat menjabat sebagai pimpinan KPK kasus Bank Century mulai dilakukan penyidikan dengan menetapkan Budi Mulya sebagai tersangka.

“Budi Mulya ditetapkan sebagai tersangka dan disidangkan. Hakim memutus Budi Mulya bersalah,” katanya.

Diakui Samad, pada waktu itu sudah ada beberapa nama yang telah diputuskan oleh pengadilan terlibat dalam skandal Bank Century. Salah satunya adalah mantan Wakil Presiden RI periode 2009-2014, Boediono.

“Kan sudah ada putusan inkracht. Wajib hukumnya bagi KPK segera menetapkan orang-orang disebut dalam putusan itu,” katanya.

“Karena kalau tidak, nanti KPK dianggap bermain-main, dan tidak serius melakukan penegakan pemberantasan korupsi,” tambahnya lagi.

 

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close