Aa Gym Bicara Soal Spanduk HUT RI yang Seperti Salib

Aa Gym Bicara Soal Spanduk HUT RI yang Seperti Salib

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Menjelang HUT RI yang ke-75, terjadi pro dan kontra. Hal ini tersebut berkaitan dengan spanduk HUT RI yang disebut ada tanda seperti salib. Simbol tersebut pun langsung menarik perhatian, termasuk juga dari KH Abdullah Gymnastiar atau yang akrab disapa Aa Gym.

Ulama asal Bandung, Jawa Barat ini mengemukakan pendapatnya soal simbol seperti salib tersebut di akun Instagram miliknya. Ia mengungkapkan dapat dimaklumi jika hal tersebut menimbulkan perbedaan pendapat.

“SANGAT BISA DIMAKLUMI bila jadi PERBEDAAN PENDAPAT

Melihat spanduk resmi pemerintah untuk 17 agustus 2020 ini. Karena memang sekilas seperti ada tanda salib yang besar.. Juga harus kita maklumi bila ada yang mempertanyakan..dan protes,” tulis Aa Gym.

“Juga bisa dimaklumi bila ada yang semangat 17 an nya jadi berkurang.. Karena merasa kurang nyaman..,” lanjut Aa Gym dalam tulisannya di Instagram pribadinya.

Meski demikian, Aa Gym meminta untuk tetap berpikiran positif. Ia pun mengingatkan masalah ini dapat menjadi pembelajaran bagi semua pihak.

“Namun bisa jadi pelajaran, bagi kita semua, dalam situasi banyak masalah seperti sekarang ini, seyogyanya semua pihak berpikir berlapis lapis, bijaksana dan sangat peka terhadap peluang terjadinya masalah baru Yang tak perlu…,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, ia pun meminta untuk tetap menjaga kerukunan dan keberagaman di negeri tercinta ini.

“Semoga ulang tahun ke 75 ini, bangsa kita semakin adil dan dewasa serta diberkahi Alloh Pencipta kita semua.. aamiiin.” ujarnya.

Tanda seperti salib yang ramai menjadi perbincangan ini terlihat di sisi kanan spanduk HUT RI ke-75. Gambar itu terlihat dari deretan kotak yang disusun dan dikatakan bentuknya tersebut mirip dengan salib.

Gambar ini pun langsung menarik perhatian. Adalah ormas Dewan Syariah Surakarta (DSKS) yang pertama kali mengajukan protes terkait hal tersebut.

Protes itu langsung mendapat tanggapan dari pihak Sekretaris Kemensetneg Satya utama. Ia menegaskan bahwa logo tersebut sudah sesuai dengan pedoman visual penggunaan logo peringatan HUT ke-75 RI.

Logo yang dianggap menyerupai bentuk salib itu disebut supergraphic. Supergraphic dijelaskan terdiri dari 10 elemen yang diambil dari dekontruksi logo 75 tahun yang dipecah menjadi 10 bagian.