Lintas Daerah

999 Santri Kudus Tulis Quran 30 Juz

KUDUS, SENAYANPOST.com – Sebanyak 999 santri di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, dilibatkan dalam penulisan mushaf Alquran mulai dari juz satu hingga juz terakhir, yakni juz 30.

Penulisan naskah Alquran dalam rangka Festival Alquran sekaligus menyambut bulan Ramadhan tersebut dilaksanakan di kompleks Menara Kudus di Desa Kauman, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus, Selasa (8/5/2018).

Ratusan santri yang terlibat dalam penulisan naskah Alquran tersebut juga memakai ikat kepala yang merupakan ciri khas santri tempo dulu di Kudus.

Barunniam, salah satu santri dari Madrasah Aliyah TBS di Kudus, mengakui, senang ikut dilibatkan dalam penulisan naskah Alquran karena sebelumnya memang belum pernah.

Ia mengakui untuk menyelesaikan penulisan naskah Alquran ke dalam selembar kertas membutuhkan waktu sekitar lima menit.

Awalnya, kata dia, memang susah karena tanpa alas, namun karena sebelumnya juga terbiasa menulis Alquran akhirnya untuk menuntaskan penulisan 14 ayat hanya membutuhkan waktu lima menit saja.

Ia mengatkan, seperti diwartakan Antara, sudah disediakan ayat yang hendak ditulis sehingga cukup menuliskannya kembali menggunakan spidol.

Faziyatul Husni, peserta lainnya yang merupakan perwakilan dari IPPNU Kota Kudus yang juga kuliah di IAIN Kudus mengatakan, sempat tegang karena baru pertama menuliskan mushaf Alquran, meskipun hanya empat ayat pada juz 10. (JS)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close